Business Today
Optimasi Program PEN
Super Admin, 31-08-2020 07:54:50 - Strategi
Nah, disinilah yang perlu dilakukan pemerintah yaitu konsep terintegrasi

Kemaren, dalam sebuah berita, Menteri KUMKM menyampaikan bahwa serapan dana PEN atau Pemulihan Ekonomi Nasional baru mencapai 45, 76% sampai akhir Agustus 2020.  "Pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar Rp 123,46 triliun untuk program pemulihan ekonomi nasional khusus untuk sektor UMKM, yang sudah terhubung ke lembaga pembiayaan. Sampai tanggal 27 Agustus ini, penyerapan saya kira sudah 45,76%," ujar Teten yang dikutip oleh Detik.com.



Tentu hal ini sangat disayangkan karena dengan adanya anggaran PEN ini diharapkan dapat menggerakkan ekonomi nasional melalui kegiatan ekonomi yang dijalankan oleh pelaku UMKM di Indonesia. Dengan kontribusi terhadap Pertumbuhan Ekonomi sebesar 63% dan dapat menyerap tenaga kerja sebear 97% dari total tenaga kerja Inonesia, tentu UMKM memegang peranan stratejik untuk ekonomi nasional.



Konsep terintegrasi dan gerak cepat menjadi kunci suksesnya program ini agar dapat mencapai target dalam pemulihan ekonomi nasional yang pada kuartal dua kemaren sudah mencapai – 5.32%. konsep terintegrasi yang dimaksud adalah bagaimana pemerintah memimpin secara langsung program PEN dengan memanfaatkan kolaborasi pemerintah daerah serta stakeholders terkait di daerah seperti pendamping UMKM dan juga model pentahelix yaitu akademisi, bisnis, komunitas, dan media.



Penguatan leadership pada aspek program ini menjadi penting dan gerak cepat dengan menggunakan teknologi informasi menjadi key success factor agar dapat menjangkau UMKM di seluruh Indonesia, apalagi sudah dapat diketahui bahwa UMKM tersebut harus sudah terhubung ke lembaga pembiayaan.



Nah, disinilah yang perlu dilakukan pemerintah yaitu konsep terintegrasi dalam hal penguatan pihak pemberi program PEN dan juga sosialisasi kepada UMKM untuk memanfaatkan program ini. Pengalaman di beberapa daerah, sosialisasi belum terlalu gencar diberikan kepada UMKM dan tentunya membuat pengetahuan dan pemahaman masyarakat terbatas.



Oleh karena itu, pemerintah perlu membuat terobosan dalam menjalankan program PEN ini agar UMKM dapat mengakses program dan menggerakkan ekonomi nasional.

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*