Business Today
Integrasi Kebijakan Pemerintah Pusat dan Daerah untuk UMKM
Super Admin, 22-08-2020 07:11:18 - Strategi
Hal ini merupakan tantangan terbesar pemerintah

Salah satu tantangan membalikkan pertumbuhan ekonomi Indonesia dari – 5.32% menjadi positif dalam rangka menghindari Indonesia masuk ke jurang resesi adalah menggerakan roda ekonomi yang ditopang oleh Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di seluruh Indonesia.



Hal ini merupakan tantangan terbesar pemerintah saat ini karena membutuhkan banyak hal, termasuk adalah kebijakan pemerintah dari pusat sampai ke daerah untuk UMKM, keuangan, fasilitas pendukung bisnis UMKM dan juga mendorong masyarakat membeli produk-produk UMKM.



Hmmm.. banyak sekali ya variabel nya. Kalau dikelompokkan menjadi dua yaitu bagaimana mendorong produk UMKM dibeli oleh stakeholders dan bagaimana UMKM didukung untuk berproduksi agar bisa menghasilkan produk sesuai dengan kebutuhan dan permintaan pasar berbasis protokol Covid 19.



Kedua hal ini akan bisa dilakukan ketika bisa mengintegrasikan kebijakan pemerintah yang mendorong masyarakat membeli produk UMKM, termasuk juga dengan bagaimana pemerintah membeli produk-produk UMKM untuk keperluan rutin ataupun program pemerintah untuk masyarakat. Hal ini penting agar bisa mendorong transaksi yang ada di UMKM.



Kebijakan kedua adalah bagaimana mendukung UMKM untuk meningkatkan produksi mereka yang pada saat ini sedang merosot. Kebijakan pembiayaan sangat dibutuhkan UMKM agar bisa menggerakkan kegiatan bisnisnya. Alhamdulillah program pembiayaan sudah dibuat oleh pemerintah pusat dan melibatkan berbagai stakeholders, termasuk juga perbankan.



Hanya, dalam tataran praktis, diperlukan integrasi kebijakan pusat, provinsi dan kabupaten/kota sampai kepada kecamatan dan kelurahan. UMKM itu adalah subjek dalam kegiatan ekonomi dan mereka membutuhkan kebijakan pemerintah sebagai regulator yang proaktif mendukung mereka melewati masa sulit dan penuh tantangan ini.



Demikian juga kebijakan yang mendorong pemerintah dan masyarakat untuk membeli produk UMKM. Integrasi kebijakan pemerintah pusat sampai kelurahan dalam membeli produk UMKM untuk keperluan rutin dan juga program untuk masyarakat menjadi kuncinya. Yang punya uang sekarang adalah pemerintah dan perlu digerakkan untuk ekonomi Indonesia. Barulah mengkampanyekan produk UMKM agar dibeli oleh masyarakat.



Nah, tantangan inilah yang harus bisa dijawab oleh pemerintah yang fokus untuk melepaskan negara ini dari resesi. Tentu juga tidak ada kebocoran dalam kebijakan ini sehingga UMKM benar-benar bisa menjalankan kegiatan ekonomi dan membantu pemerintah lepas dari ancaman resesi.



Pertanyaannya, bisakah ini terjadi? Hmmm…. Semoga

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*