Business Today
UMKM yang Berguguran
Super Admin, 20-08-2020 07:30:17 - Strategi
Bagaimana UMKM kedepan?

Beratnya beban Usaha Mikro dan Kecil dan Menengah di Indonesia benar-benar mulai terlihat dengan bergugurannya usaha mereka. Perjalanan ke berbagai daerah memperlihatkan UMKM seolah-olah mulai menyerah dengan kondisi yang diakibatkan oleh Pandemi Covid 19 ini. Tidak bisa dipaksakan lagi kondisi ini bagi UMKM.



Hal ini berbeda dengan kondisi Krisis ekonomi tahun 1998 dimana mereka masih menjalankan usaha karena tidak ada larangan pemerintah untuk menutup usaha ataupun masyarakat untuk membeli produk UMKM untuk keperluan dapurnya.



Kalau kita lihat kontribusi UMKM di Indonesia, begitu signifikan yaitu 63% terhadap PDB dan ini menunjukkan kalau UMKM terganggu, maka akan terganggu pula pertumbuhan ekonomi negara ini. Apalagi untuk tenaga kerja yang berjumlah 97% tenaga kerja diserap oleh UMKM dibandingkann usaha besar.



Nah, mulai bergugurannya UMKM ini tentu akan membuat pertumbuhan ekonomi Indonesia terancam dan tentunya menuju resesi ekonomi. Pertumbuhan ekonomi kuartal 2 sebesar -5,32% menunjukkan bagaimana dampak tidak bergeraknya ekonomi UMKM dan secara fakta, UMKM di Indonesia mulai berguguran.



Hal yang perlu mendapat perhatian saat ini adalah bagaimana mendorong pasar untuk membeli produk-produk UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia. Peran pemerintah dalam pengadaan berbagai kebutuhan rutin pemerintah perlu menjadi titik awal untuk membeli produk UMKM.



Adapun dari sisi UMKM diperlukan penguatan kualitas dan proses bisnis yang berstandar kepada protokol Covid 19 yang menjadi konsen masyarakat untuk membeli produk UMKM. Barulah setelah itu akses pembiayaan yang memang menjadi kebutuhan UMKM dalam menjalankan usaha.



Bagaimana UMKM kedepan? Semoga dengan program pemerintah untuk mendorong UMKM dapat memberikan kontribusi nyata untuk menghindari kebangkrutan UMKM.

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*