Belbiz On Radio
Tingkatkan Kualitas Produk UMKM dengan Standardisasi
Super Admin, 11-07-2020 06:35:01 - News Today
Bahasan tentang standardisasi ini diberikan dengan contoh-contoh pada produk UMKM

Belbiz on Radio K-Lite 107,1 FM  membahas tentang sudah saatnya Entrepreneur fokus pada kualitas produk UMKM yang sudah distandarisasikan. “Standardisasi merupakan Value added bagi produk yang diproduksi oleh entrepreneur, termasuk skala UMKM” kata Zulhamidi, Kepala Kantor Layanan Teknis (KLT) Badan Standardisasi Nasional (BSN) Jawa Barat dalam bahasan Belbiz on Radio pada hari Jumat (10/7/2020).



Produk UMKM memang menjadi salah satu produk yang didorong oleh pemerintah untuk di standardisasi dan Badan Standardisasi sebagai sebuah badan pemerintah diamanatkan Undang-Undang no 20 tahun 2014 untuk  mendukung program ini. “BSN diamanatkan untuk melakukan pembinaan kepada UMKM dan masyarakat untuk penerapan SNI yang merupakan hasil konsensus dari pemerintah sebagai regulator, produsen, konsumen serta akademisi terhadap produk UMKM” tambah Zulhamidi.



Meriza Hendri, Direktur PT Strabiz Manajemen Bandung dan juga Dosen MM Universitas Widyatama menambahkan bahwa salah satu yang membedakan antara  karyawan dengan entrepreneur adalah kreativitas dan inovasi. “Nah, kreativitas dan inovasi saat ini dari produk UMKM adalah harus berstandarisasi agar bisa diterima pasar” kata Meriza Hendri.



Bahasan tentang standardisasi ini diberikan dengan contoh-contoh pada produk UMKM yang pada umumnya memang dituntut untuk bisa memiliki standarisasi agar bisa diterima oleh pasar. “Hal ini menjadi fokus setiap entrepreneur saat ini agar fokus pada upaya meningkatkan kualitas dengan standarisasi dan menjadi tujuan dari entrepreneur agar produk bisa diterima pasar” tambah Meriza.



Dalam diskusi yang sangat cair dan sambil menjawab pertanyaan dari para pendengar Belbiz, Zulhamidi mengajak entrepreneur untuk meningkatkan mindset bahwa standardisasi dengan produk yang berkualitas menjadi sebuah kebutuhan saat ini agar produk bisa diterima pasar dan bahkan menjadi daya saing untuk memenangkan persaingan bisnis. “Kami di Kantor Layanan Teknis Badan Standardisasi Nasional Jawa Barat yang berlokasi di Graha Pos Jalan Banda akan membantu entrepreneur dalam mengembangkan UMKM dan produknya” kata Zulhamidi.



Selain itu, Zulhamidi mengajak stakeholders yang terdiri dari akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah dan media untuk berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas produk UMKM dengan standarisasi karena dengan standarisasi ini, produk UMKM memiliki nilai tambah di pasar. 

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*