ABCGM Jabar
Kompetensi Komunikasi dan sukses Digital Marketing bagi UMKM
Super Admin, 08-07-2020 12:33:29 - News Today
Hal ini digambarkan melalui bagaimana perubahan perilaku masyarakat saat ini dalam membeli produk dari UMKM

“Salah satu dampak pandemic Covid 19 adalah perubahan mendasar dari model bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi” demikianlah pernyataan dari Dr Dudi Sudrajat Abdurachim, Asisten Daerah 3 Provinsi Jawa Barat dalam webinar yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Sinergitas ABCGM Jawa Barat dengan tema Optimasi Kompetensi SDM dalam Komunikasi pada Digital Marketing Menghadapi Masa Adaptasi Baru pada hari Rabu, 8 Juli 2020.



 



Hal ini digambarkan melalui bagaimana perubahan perilaku masyarakat saat ini dalam membeli produk dari UMKM yang saat ini fokus menggunakan teknologi informasi. “Aplikasi yang sering digunakan untuk mendapatkan produk UMKM dan layanan Ojek online adalah beberapa contohnya” kata Dudi.



 



“Oleh karena itu, UMKM perlu meningkatkan kompetensi yang terdiri dari Knowledge, Skill dan Attitude” kata Ade Irma Susanty Phd, Dekan Fakulitas Bisnis dan Komunikasi Universitas Telkom yang juga wakil ketua bidang Riset dan Advokasi Sinergitas ABCGM Jabar. Knowledge berhubungan dengan pengetahuan tentang komunikasi yang perlu dipelajari melalui webinar, baca buku, dengar radio ataupun nonton youtube.



 



Untuk peningkatan skill atau keterampilan, UMKM perlu melakukan latihan terus berkomunikasi dan merespon tanggapan dari pihak lain selama komunikasi.”Kompetensi ini menjadi penting untuk terus ditingkatan oleh UMK” tambah Ade.



 



Adapun bicara tentang Digital Marketing, Sutadi Triputra ST, MT yang juga Kaprodi Informatika Universitas Muhammadiyah Bandung dan pengurus ABCGM Jabar menyatakan bahwa saat ini digital marketing menjadi media untuk bisnis para UMKM. “Banyak manfaat yangdidapat oleh UMKM untuk UMKM dalam menjalankan bisnis dan ini dituntut kemauan dari UMKM untukmemanfaatkan digital marketing” kata Sutadi.



 



Pupi Indriati Zaelani S.Sos, M.Si, Kaprodi Komunikasi Universitas Sangga Buana dan pengurus ABCGM Jabar menyatakan bahwa komunikasi menjadi penting untuk sukes di Digital Marketing. “Kita perlu mengamati perilaku konsumen dan kesesuaian dengan media yang ada saat ini” kata Pupi.



 



Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan yaitu pesan, foto, video dan bahkan desain dalam komunikasi di digital marketing. “yang tidak kalah penting adalah timeline yaitu bagaimana UMKM bisa menjadwalkan upload ke media secara berkelanjutan” tambah Pupi.



 



Pada akhirnya, moderator webinar, Dr Ida Hindarsah, Dosen dan ketua Divisi Kerjasama FISIP Unpas serta wakil ketua bidang HUMAS ABCGM Jabar mengajak UMKM untuk berubah untuk meningkatkan kompetensi UMKM dalam komunikasi sehingga digital marketing bisa dioptimasi dalam masa Adaptasi Kebiasaan Baru ini.



 

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*