UMKM Naik Kelas
Pahami Pasar untuk Kreativitas jadi Inovasi
Super Admin, 10-04-2020 09:07:25 - WUB
Apa yang perlu dipahami dari pasar?

Bagi seorang entrepeneur, apalagi WUB, jelas menghadapi tantangan yang luar biasa untuk memulai bisnis ini. perubahan lingkungan bisnis menuntut setiap entrepreneur untuk terus kreatif, akan tetapi, kreatif saja tidak lah cukup karena berhubungan dengan  penerimaan pasar untuk produk mereka tersebut.



Konsep inovasi bagi seorang entrepreneur adalah bagaimana ide-ide mereka itu bisa diterima pasar dan menjadi penting untuk bisa mengembangkan ide-ide yang bisa diterima pasar. Pasar adalah titik awal bagi entrepeneur mengembangkan inovasi dari kreativitas.



Apa yang perlu dipahami dari pasar? Perlu dipahami bahwa pasar tersebut terdiri dari konsumen atau orang dan/atau perusahaan/organisasi/pemerintah yang mengkonsumsi produk. Mereka bisa individu ataupun organisasi dan kunci yang perlu dipahami entrepreneur adalah need, want dan demand pasar terhadap produk yang ditawarkan entrepreneur.



Need merupakan kebutuhan pasar, Want merupakan keinginan pasar dan Demand merupakan permintaan pasar. Hal ini berhubungan dengan perilaku konsumen dan sejatinya perlu diamati terus menerus karena perilaku pasarpun berubah dengan cepat. Kemampuan untuk membaca perubahan perilaku pasar ini akan meningkatkan inovasi seorang entrepreneur.



Caranya? Dengan mengamati pasar, membaca data-data di internet melalui media sosial seperti instagram, facebook dan lain-lain. Nah, berangkat dari sini, semakin jelas bahwa entrepreneur perlu meningkatkan inovasi dengan memahami pasar yang lebih baik.



Yuk pahami perilaku pasar

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*