Decision Making
Idealnya, Gabung Deductive Dan Inductive Thinking Untuk Mendapatkan Alternatif Solusi
Super Admin, 10-04-2020 09:05:41 - Rubrik
Kemampuan berfikir deduktif dan induktif menjadi penting dan gabungan keduanya menjadi lebih penting

Bagi seorang manajer yang pastinya tugas utamanya adalah membuat keputusan, baik keputusan yang terprogram apalagi yang tidak terprogram, tahapan mendapatkan alternatif solusi menjadi penting untuk dipahami. Kegagalan dalam tahap ini, akan membuat keputusan bisnis nya tidak akan optimal karena biasanya hanya mengandalkan satu solusi. Akibatnya, tidak bisa melakukan evaluasi alternative solusi.



Kemampuan berfikir deduktif dan induktif menjadi penting dan gabungan keduanya menjadi lebih penting. Sejatinya seorang manajer bisa menggabungkan kedua kemampuan berfikir tersebut.



Banyak yang mengatakan bahwa pengalaman saja cukup tetapi melihat lingkungan bisnis sebagai konteks bisnis yang selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol danmengalami turbulensi, pernyataan ini menjadi tidak relevan. Sejatinya seorang manajer perlu menambah pengetahuan dengan membaca teori yang terhubungan dengan bisnis dan manajemen. Tentu tidak lepas juga ilmu hukum, psikologi, sosiologi, dan antropologi, statistika, metode ilmiah, teknologi informasi dan lain-lain.



Adapun pengalaman, tentu menjadi penting ketika bicara konteks fenomena masalah  dan akar masalah. Seorang manajer perlu memanfaatkan pengalaman tersebut untuk mendapatkan alternative solusi.



Bagi manajer yang sedang menuntut ilmu atau kuliah, dengan mengambil kasus di tempat kerja atau di bisnis sendiri adalah contoh bagaimana menggabungkan antara deductive thinking yang didapat selama kuliah dengan pengalaman bekerja atau bisnis dalam konteks inductive thinking dalam mendapatkan alternative solusi.



#decisionmaking #decision #decisionmaker #strategicdecision #goodtogreat

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*