Strategic Management
Sudahkah Melakukan Evaluasi dan Kontrol Strategi Perusahaan?
Super Admin, 10-04-2020 08:57:53 - Strategi
Tadi malam pun ketika berbicara dengan seorang General Manager salah satu BUMN

Bagi setiap CEO, Manajer, Entrepreneur, Pensiunpreneur dalam perusahaan, menjadi pihak yang merencanakan, mengorganisasikan sampai menjalankan strategi merupakan bagian yang penting agar perusahaan dapat mencapai tujuan jangkan panjang. Tentu hal ini menjadi perhatian banyak CEO, Manajer, Entrepreneur, Pensiunpreneur.



Tadi malam pun ketika berbicara dengan seorang General Manager salah satu BUMN tentang bagaimana tanggungjawabnya yang baru dalam mengembangkan produk-produk perusahaanya ditengah kondisi ekonomi seperti sekarang. “Tantangan saya begitu berat untuk mengembangkan SBU ini dan saya harus eveluasi dan control strategi selama ini” kata beliau.



Hal menggambarkan bagaimana seorang CEO, Manajer, Entrepreneur, Pensiunpreneur dituntut untuk bisa terus fokus pada proses manajemen stratejik perusahaan dan ini berawal dari evaluasi dan kontrol atas strategi yang sudah dijalankan.



Konsep evaluasi fokus pada membandingkan antara target dengan realisasi dan disini seorang CEO, Manajer, Entrepreneur, Pensiunpreneur melihat kesenjangan atau gap yang terjadi. Apakah gapnya besar, sedang atau kecil serta mencari faktor penyebabnya. Disini, faktor penyebab bisa saja di analisis lingkungan, perumusan strategi atau implementasi dari strategi.



Selanjutnya adalah bagaimana mengontrol kondisi agar bisa kembali ke kondisi awal dimana CEO, Manajer, Entrepreneur, Pensiunpreneur melakukan Kaizen atau perbaikan terus menerus. Diperlukan kemampuan untuk membuat keputusan agar visi, misi, tujuan dan sasaran perusahaan dapat dicapai.



Oleh karena itu, semakin jelas bahwa CEO, Manajer, Entrepreneur, Pensiunpreneur memiliki tanggunjawab utama dalam EVALUASI dan KONTROL strategic management process  dalam perusahaan. Bagaimana dengan anda?



#strategicmanagement #belbizonradio #ahlistrategibisnis #manajemenstratejik #CEO #Manajer #Entrepreneur #Penisunpreneur

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*