Business Today
Siap-Siap Menghadapi Gelombang PHK di Indonesia
Super Admin, 10-04-2020 08:56:24 - Strategi
Hmmmm…ini adalah sinyal bagaimana dampak Covid 19 bagi pelaku usaha di Indonesia.

Tidak terasa, sudah memasuki pertengahan bulan April 2020 dan bangsa ini menghadapi musibah Covid 19 yang mempengaruhi seluruh aspek kehidupan khususnya bisnis atau perusahaan di Indonesia. Daya beli masyarakat menurun, peningkatan harga bahan baku dan lain-lain. Sementara itu, biaya tetap harus dikeluarkan oleh pengusaha dan dampaknya, satu pengusaha  menyatakan bahwa mereka hanya sanggup bertahan sampai bulan Juni 2020.



Hmmmm…ini adalah sinyal bagaimana dampak Covid 19 bagi pelaku usaha di Indonesia. Dampak dari covid 19 ini akan sampai kepada karyawan karena salah satu pilihan yang akan diambil oleh pengusaha adalah menghentikan sementara bisnisnya atau bahkan menghentikan selamanya. Akibatnya, karyawan pun akan diberhentikan.



Dalam pengamatan beberapa hari ini, sudah terlihat juga UMKM mulai memberhentikan karyawan yang bekerja dengan mereka. dengan alasan minim penjualan  sehingga tidak ada pemasukan, pelaku UMKM terpaksa memberhentikan karyawan juga. Dengan pernyataan bahwa untuk kebutuhan sehari-hari juga mereka tidak bisa memenuhi, pastilah karyawan juga harus diberhentikan.



Kondisi ini akan terjadi di hampir seluruh perusahaan di Indonesia. Gelombang Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK akan pasti terjadi di banyak perusahaan. Ini adalah tantangan bagi setiap entrepreneur. Sejatinya, seorang entrepreneur memang diharapkan tidak memberhentikan karyawan dengan cara meningkatkan kreativitas dan inovasinya.



Ide-ide untuk mendapatkan pasar menjadi tantangan agar karyawan tetap bisa beraktivitas di perusahaan. Yang tidak kalah penting adalah komunikasi dengan karyawan yaitu bagaimana mereka paham kondisi perusahaan saat ini. Mereka perlu tau kondisi perusahaan dan kemungkinan yang bisa dilakukan perusahaan. Penurunan gaji adalah salah satu pilihan yang bisa diambil agar perusahaan tetap bisa menggaji mereka.



Inilah beberapa hal dasar yang harus dilakukan oleh setiap pengusaha atau entrepreneur agar dapat meminimalisir dampak covid 19 dan akhirnya meminimalisir gelombang PHK di perusashaan mereka.



Bagaimana dengan anda? Semoga bisa tetapi menjalankan perusahaan ditengah musibah covid 19 ini dan tidak sampai mem PHK kan karyawan mereka.

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*