Pensiupreneur Siapa Takut?
Pensiunpreneur - 135 : Optimasi Relasi yang sudah dimiliki sejak Bersatus Karyawan
Super Admin, 09-04-2020 08:41:23 - Rubrik
Belum lagi dengan jejaring yang sudah terbangun di luar perusahaan (Gambar: Pelatihan Pensiunpreneur PTPN 8)

Ada satu asset yang tidak tampak oleh setiap pensiunpreneur yaitu jejaring yang sudah dimiliki sejak berstatus karyawan di perusahaan. Bisa dibayangkan ketika mereka berstatus karyawan pasti memiliki hubungan baik dengan sesama karyawan di perusahaan,mulai dari staf sampai DIreksi dan bahkan pemegang saham.



Belum lagi dengan jejaring yang sudah terbangun di luar perusahaan. Ada konsumen, supplier, pesaing dan bahkan pemerintah, media, asosiasi bisnis serta perbankan dan lain-lain. Sadar atau tidak, mereka adalah asset yang sangat berhargakalau diguakan untuk menumbuhkembangkan bisnis dimasa pensiun.



Coba tanya diri masing-masing. Apakah hal itu benar nyata adanya? Pastinya bagi karyawan yang sangat aktif, akan banyak memiliki relasi yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pengembangan bisnis dimasa pensiun.



Kembali lagi ke kuncinya sekarang adalah sejauh mana seorang pensiunpreneur memanfaatkanya. Mulai dari kecil yaitu menganalisis kembali relasi yang sudah terbangun. Jangan anggap remeh setiap orang yang sudah masuk ke data base setiap calon pensiunpreneur.



Seteah dipetakan dan dianalisis, maka pensiunpreneur dapat menghubungkan dengan bisnis yang sedang dijalankan dan memberikan porsi yang tepat bagi setiap orang yang menjadi bagian dari stakeholders perusahaan para pensiunpreneur.



Oleh karena itu, sudah sewajarnya setiap pensiunpreneur itu memetakan kembali stakeholders serta mengoptimasi setiap peluang dari para jejaring untuk kepentingan bisnis dimasa pensiun.



Strabiz Management Bandung memiliki tool untuk memilih bisnis yang sesuai dengan potensi diri dan relevan dengan penguatan  SIKAP MENTAL calon pensiunpreneur.



Bagi yang ingin mendalami ini, bisa mengunjungi www.akademipensiun.com atau menghungi Dr. Meriza Hendri di Hp/wa 0811-225-2555. Banyak hal yang bisa didiskusikan seputar persiapan mindset pensiunpreneur, financial literacy dimasa pensiun, memilih bisnis dimasa pensiun serta memulai dan mengembangkan bisnis. 



Penulis:MH
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*