Business Today
Hutang Luar Negara Indonesia dan CEO, Manajer, Entrepreneur dan Pensiunpreneur
Super Admin, 09-04-2020 08:35:02 - Strategi
Sebagai seorang CEO, Manajer, Entrepreneur ataupun Pensiunpreneur, tentu bicara hutang bukanlah sesuatu yang baru

Pandemic bond yang dikeluarkan oleh pemerintah Republik Indonesia membuat banyak kalangan kaget. Hutang yang dianggap sebagai hutangpaling besar selama sejarah Republik Indonesia memberikan analisis yang luar biasa bagi banyak kalangan. Dimensi waktu 50 tahun yang harus dilalui oleh anak cucu untuk membayarnya.



Sebagai seorang CEO, Manajer, Entrepreneur ataupun Pensiunpreneur, tentu bicara hutang bukanlah sesuatu yang baru karena ini memang sangat lekat dengan para pengusaha. Konteks bisnis yang seringkali membutuhkan pendanaan dari berbagai pihak, tentu menjadi pilihan yang harus diambil.



Hanya saja, tentu perlu dilakukan analisis yang tajam sebelum berhutang. Yang paling utama adalah trust atau kepercayaan dari stakeholders didalam perusahaan karena berhubungan dengan pihak yang mempengaruhi atau pun terpengaruh atas hutang yang dibuat tersebut.



Memang terkadang entrepreneur melupakan bahwa karyawan tidak berhubungan dengan hutang tersebut. Akan tetapi, perlu dipahami bahwa hutang akan berdampak kepada karyawan juga dimana ketika hutang sudah diterima, bebang bunga menjadi tanggungjawab karyawan untuk bekerja keras agar tidak terkenal gagal bayar nanti perusahaan tersebut.



Oleh karena itu, bagi entrepeneur, sejatinya belajar dari pengelolaan organisasi agar tidak berhutang seperti negara. Hutang sebesar itu tentut tidaklah mudah untuk dibayar kembali. Apakah sanggunp generasi kedepan membayar hutang bersama dengan bunganya? Inilah pertanyaan yang harus dijawab oleh siapapun yang berhutang, khususnya pemimpin organisasi, termasuk pemimpin negara, CEO, manajer, entrepreneur serta pensunpreneur dalam perusahaan.



Bagaimana dengan anda? Sudah pahamkah dengan konsep pinjaman untuk mengamankan cashflow perusahaan? Hmmm..

Penulis:MH
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*