Pensiunpreneur Siapa Takut
Toto Tohidin, Pensiunan Yang Membuka Café & Resto
Super Admin, 16-04-2019 14:11:29 - Profil
“Tentu menu-menu yang saya tawarkan adalah menu-menu yang sangat dibutuhkan oleh konsumen serta ruangan yang nyaman bagi pengunjung” kata Toto.

Kebutuhan akan pangan dari setiap orang, tidak akan pernah berhenti karena ini adalah kebutuhan dasar. Hanya yang berbeda adalah want dan demant atau selera dan daya beli dari pasar yang nanti nya berupa menjadi minat atau desire seiring dengan perubahan lingkungan bisnis.



Hal ini sangat disadari oleh seorang pensiunan dari PT INTI (Persero) yang sejatinya berbisnis dimasa pensiun berhubungan dengan teknologi telekomunikasi, tetapi malah membangun bisnis yang berhubungan dengan kuliner dengan membuka Kafe dan Resto dengan nama Koya cafe & Resto.



Toto, demikianlah beliau dipanggil oleh teman-temannya. Laki-laki kelahiran Kota Bandung tahun 1972 ini yang memiliki nama lengkap Toto Tohidin memang memilih untuk pensiun dini dari tempatnya bekerja. “Saya memilih berbisnis dengan alasan yang mungkin bagi sebagian orang adalah klise yaitu mencari tambahan penghasilan” kata Toto.



Akan tetapi, dengan café dan resto nya ini sekarang, Toto sudah bisa merauh omzet Rp 200 – 250 juta perbulan. “Bisnis ini sudah saya geluti sejak tahun 2017 dan saya fokus mengelolanya karena pasar  yang saya layani adalah Pegawai Negeri Sipil dari Pemda Kabupaten Bandung dan masyarakat sekitar” tambah Toto.



Adapun yang membuat banyak orang tertarik untuk makan di restoran ini adalah bisa makan sambil santai bersama keluarga. “Tentu menu-menu yang saya tawarkan adalah menu-menu yang sangat dibutuhkan oleh konsumen serta ruangan yang nyaman bagi pengunjung” kata Toto.



Perjuangan Toto membangun bisnis ini sangat terasa karena tiga tahun merintis dan baru tahun ketiga mulai mendapatkan hasil sesuai dengan yang diharapkan. “Pengalaman saya bekerja di PT INTI dulu sangat berguna karena saya dituntut untuk bisa memanfaatkan pengetahuan dan pengalaman bisnis sebagai karyawan” tambah Toto. Selain itu, Toto juga menyatakan bahwa tidak berputus asa adalah modal yang paling kuat yang membuat beliau mampu melewati waktu tiga tahun.



Kedepannya, Toto, sang pensiunpreneur fokus untuk mencapai impiannya yaitu membuat inovasi agar bisa terus diterima pasar serta membuka cabang.



Bagi sahabat yang ingin menikmati makanan dan minuman di koyaresto, dapat datang ke jl raya soreang - ciwidey no 211 sadu soreang. Bandung. Atau juga bisa melihat berbagai menu di koyaresto.com, instagram @koyaresto dan facebook @koyaresto. Atau bisa juga menghubungi Toto di 085321138000.

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*