Entrepreneurship
JOB SEEKER OR ENTREPRENEURSHIP?
Afni Pratiwi, 13-05-2016 00:33:32 - Opini
Memilih antara mencari pekerjaan atau menjadi seorang pengusaha sukses. Apa tips untuk menjadi seorang pengusaha sukses tersebut?

Kelulusan merupakan hal yang sangat menggembirakan, baik lulusan dari bangku Sekolah Menengah Atas maupun dari perguruan tinggi. Hal yang paling utama dalam pemikiran seorang Fresh Graduate adalah mencari pekerjaan sesuai cita-cita dan harapan dan tentunya ingin mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan apa yang telah mereka pelajari di sekolah maupun perguruan tinggi yang sesuai dengan jurusan dan skill yang mereka miliki. Namun, apa yang didapatkan oleh mereka para job seeker? Mereka para fresh graduate berbondong-bondong mengikuti berbagai tahap seleksi dan juga tes yang diikuti oleh lebih dari ribuan bahkan puluhan ribu orang di luar sana demi mendapatkan dan mencapai cita-cita yang mereka harapkan. Apa yang mereka harapkan? Ya, betul. Bekerja di perusahaan yang bonafit, terkenal, dan akan menunjang karir mereka di masa yang akan datang. Namun, sering sekali kegagalan itu muncul ketika saingan di luar sana lebih tangguh dan lebih memiliki nasib yang lebih baik dan beruntung untuk mencapai impian tersebut. Sisanya? Menganggur lagi, menunggu lagi, mencari lagi, dan berusaha lagi. Itu tidak salah, karena ikhtiar dan harapan perlu pengorbanan.



Dengan fenomena seperti itu, banyak sekali lulusan-lulusan dari tingkat SMA maupun perguruan tinggi yang pada akhirnya tidak mendapatkan pekerjaan kemudian merasa frustasi dan berakhir dengan malas untuk mencari lagi pekerjaan yang sesuai dengan harapan dan cita-cita mereka. It's real! So, bagaimana kita menyiasati hal tersebut agar kehidupan perekonomian lebih baik lagi? Lulusan perguruan tinggi maupun SMA saat ini sudah dibekali ilmu entrepreneurship, karena para akademisi mengetahui betul bahwa tidak semua mahasiswa maupun siswanya akan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan harapan mereka, maka dari para akademisi saat ini membubuhi ilmu wirausaha dalam pembelajarannya, sehingga jika fresh graduate itu memiliki keinginan untuk menjadi seorang entrepreneurship hal itu bisa dikembangkan dari bekal teori yang telah mereka dapatkan di bangku sekolah. Hanya pertanyaannya, maukah dan mampukah mereka melakukan hal tersebut? Tentu saja bisa jika mereka memiliki jiwa dan semangat tinggi serta rasa percaya diri yang tinggi yang akan mampu menghadapi dunia wirausaha.



Alasan yang menghambat bagi para fresh graduate ini kehilanagan jiwa berbisnis adalah karena mereka tidak ingin merasa gagal dan banyak sekali ketakutan akan kegagalan yang akan mereka terima di masa yang akan datang. Takut untuk memulai, takut rugi, takut tidak balik modal, takut tidak laku, dan takut-takut lain yang menghampiri dirinya. Maka dari itu, jika kalian merasa takut dan takut perbanyaklah berkonsultasi dengan para entrepreneurship sukses maupun yang sedang merintis karena kesuksesan yang mereka raih pun bukan lah sukses dengan cara tiba-tiba, selalu saja ada cerita pahit dan manis dalam setiap rintangan kerja kerasnya. Jadi, untuk para fresh graduate, ayolah belajar untuk menjadi seorang entrepreneur sukses dan tidak takut menghadapi masalah yang akan di hadapi dimasa yang akan datang, karena hasil yang kita tanam dengan susah payah akan terasa lebih manis dan indah ketika kita sudah berhasil meumbuhkannya.



Jika ada entrepreneurship sukses yang memiliki tips untuk melakukan wirausaha, boleh untuk memberikan beberapa arahan dan tips bagaimana memulai usaha yang benar dan memiliki tingkat kegagalan yang tipis di kemudian hari.

Penulis:Afni Pratiwi
Redaktur/Editor:SDS
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*