Kampus
Dosen FBM UTama mendorong Pelaku UMKM menggunakan Iinstagram untuk Bisnis
Super Admin, 09-03-2020 11:58:12 - News Today
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan pelatihan penggunaan Instagram Bisnis

Pada hari Kamis, 5 Oktober 2020, beberapa dosen Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama (FBM UTama) menyelenggarakan kegiatan Progam Pengabdian kepada Masyarakat di Kelurahan Padasuka Kecamatan Cibeunying Kidul. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama dengan Karang Taruna dan LPM Kelurahan Padasuka. 



Beberapa dosen yang dipimpin oleh Ismail Solihin memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM dalam menggunakan instagram bisnis untuk pengembangan bisnis mereka. “Para pelaku UMKM saat ini banyak yang menjadi pengguna Instagram. Sayangnya Instagram yang mereka gunakan bukanlah Instagram Bisnis” kata Ismail. 



Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan pelatihan penggunaan Instagram Bisnis oleh para pelaju UMKM sehingga UMKM bisa mendapatkan manfaat berupa mengetahui profil konsumen, waktu pembelian konsumen, asal lokasi konsumen serta frekuensi pembelian konsumen. Materi ini diberikan oleh tim PKM yaitu Ayuningtyas Yuli Hapsari, Riski Taufik Hidayat, Adam Faritsal, Gina apryani nurunnisha, Fadhlan Ridhwana Sujana serta D. J. Anderson Butarbutar. 



Kegiatan yang diselengarakan di Aula Kelurahan Padasuka dan dibuka oleh Sekretaris Camat Cibeunying Kidul, Moh. Edi Rahmadi. Dalam sambutannya, Sekretaris Camat menyambut baik upaya yang dilakukan untuk meningkatkan skill UMKM di lingkungan Kelurahan Cikutra karena hal tersebut memiliki potensi untuk menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan PDRB. “Hal ini akan berdampak positif bagi UMKM” kata moh Edi Rahmadi



Sementara itu, ketua Karang Taruna Kota Bandung Andri Gunawan sangat mengapresiasi adanya pelatihan yg dilakukan oleh PKM Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama karena pelatihan srperti ini merupakan upaya riil utk menumbuhkan wirausaha di tingkat Kelurahan yang bisa dijadikan sebagai role model bagi pengembangan kewirausahaan karang taruna di Kota Bandung



“Kedepannya, Karang Taruna Kota Bandung bisa bermitra untuk pembinaan UMKM khususnya bagi kalangan pemuda dan berharap melakukan pembinaan di setiap kecamatan se kota bandung” kata Andri Gunawan.



Sebanyak 65 pelaku UMKM dari berbagai bisnis ini sangat antusias mengikuti program ini karena berhubungan dengan bisnis yang mereka jalankan sehari-hari. Mereka berterima kasih kepada dosen yang sudah memberikan ilmu yang sangat relevan dengan bisnis mereka. 



Bagi Ismail Solihin yang memimpin kegiatan ini berharap pelaku UMKM bisa terus memanfaatkan instagram bisnis sebagai media bisnis mereka dan program ini berharap dapat menjawab salah satu masalah UMKM dalam memasarkan produk mereka masing-masing.

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*