Kampus
Kolaborasi Internasional WIBI dengan PUM Belanda
Super Admin, 26-02-2020 23:50:23 - News Today
Dalam sambutannya, wakil Rektor UTama menyampaikan terima kasih kepada Ton Voortman

Salah satu program perdana dalam pengembangan kompetensi pengelola dan jejaring Wibi, Widyatama Incubator Bisnis adalah melakukan sharing session dengan senior Expert dari PUM Belanda, sebuah organisasi non profit di Belanda yang salah satu fokus programnya adalah pengembangan  inkubator bisnis, pada hari Rabu, 26 februari 2020.



Kegiatan yang diselenggarakan di kampus Universitas Widyatama ini dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Perencanaan dan Kerjasama Universitas Widyatama, Prof. Dr. Mohd. Haizam Bin Mohd. Saudi dan didampingi oleh Wakil Dekan Fakultas bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama, Dr. Nurul Hermina bersama ketua Wibi, Keni Kaniawati serta pengurus Wibi.



Dalam sambutannya, wakil Rektor UTama menyampaikan terima kasih kepada Ton Voortman, Sector coordinator Incubator business PUM Belanda serta Agung Irianto, PUM Representative Jabar. “Sebagai salah satu universitas swasta di Indonesia, Universitas Widyatama komit untuk pengembangan entrepreneurship bagi mahasiswa dengan membentuk Entrepreneurial center” kata Prof Haizam.



Beliau menjelaskan bagaimana fokus Universitas wiyatama untuk mengembangakn kewirausahaan dimana mahassiwa diharapkan mampu menjadi pengusaha nantinya. “Kami juga sudah mendirikan inkubator bisnis” tambah Prof Haizam.



Ton Voortman yang berlatar belakang seorang professional bisis dan sudah berpengalama dalam memimpin perusahaan-perusahaan di Belanda dan saat ini tergabung di PUM Belanda menyampaikan program sejak 2017 dimana PUM fokus membantu Inkubator bisnis untuk bisa menghasilkan entrepreneur dan hasilkan pengusaha yang dapat membuka lapangan pekerjaan.



“Kami fokus pada pengembangan inkubator bisnis karena ini merupakan sebuah organisasi independen yang mampu menghasilkan entrepreneur dan jadi pebisnis” kata Ton Voortman.  Beliau juga menjelaskan tahapan pengembangan inkubator bisnis mulai dari mindset pengelola, melakukan penguatan capacity building organisasi sampai pembinaan UMKM.  Selain itu, Ton Voortman juga menawarkan kerjasama kedepannya bagi pengelola Inkubator bisnis Widyatama dalam bentuk coaching, model pengembangan UMKM serta penguatan model  inbis.



Wakil dekan Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas WIdyatama berharap pertemuan pertama dengan PUM Belanda ini akan dapat meningkatkan kuaitas program pengembangan kewirausahaan bagi mahasiswa . “Kami yakin kerjasama ini akan memberikan value yang optimal bagi kualitas pengelolaan Inkubator bisnis di kampus kami” kata Nurul.



Keni Kaniawati, ketua WIbi menyatakan bahwa dengan sharing dengan expert dari PUM Belanda ini diharapkan dapat memberikan insight kepada pengurus dalam pengembangan kompetensi dalam mengelola WIbi. “selain itu, dapat membangun kerjasama dengan PUM Belanda seiring dengan harapan Prof Haizam untuk mengadakan MOU dengan PUM Belanda” kata Keni.

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*