Belbiz on Radio
Hobi atau Potensi awal berbisnis?
Super Admin, 07-01-2020 11:04:51 - Tips dan Trick
Lain halnya kalau bisnis diawali dengan potensi bisnis dimana dengan pengetahuan dan keterampilan bisnis yang sudah dimiliki

Mau Tanya, pak. Banyak diantara saudara saya yang memulai bisnis dan mulai dari hobi dan ada juga yang mulai dari bisnis lalu menjadi hobi. Jika dibandingkan, mana yang lebih baik, hobi dulu baru jadi bisnis atau bisnis dulu baru jadi hobi?



Yulia Shinta, Cijagra



Waalaikum salam,



Terima kasih atas pertanyaan yang disampaikan kepada kami dan bicara antara hobi dan bisnis memang tidak bisa dilepaskan karena keduanya saling berhubungan.  Hanya saja, bagi start up tentu harus jelas dulu mana yang lebih diutamakan, bisnis dulu atau hobi dulu.



Sebelum menjawabnya, perlu dibedakan antara pemahaman terhadap hobi. Hobi itu sifatnya emosi dan akan bersifat fluktuatif. Oleh karena itu, kalau emosi dijadikan sebagai dasar untuk berbisnis, akan rentan untuk perjalanan bisnis.kecuali setelah memulai, fokus belajar bisnis dan manajemennya.



Lain halnya kalau bisnis diawali dengan potensi bisnis dimana dengan pengetahuan dan keterampilan bisnis yang sudah dimiliki. Bisa jadi itu bukan hobi kita, akan tetapi, kalau disukai dan dicintai, maka akan menjadi sebuah kesenangan dan berakhir jadi hobi. Ini akan jauh lebih baik jadi dasar bagi calon pebisnis dalam memulai bisnsi.



Inilah yang harus diperhatikan oleh para calon entrepreneur dan kalau harus memilih salah satu, saya lebih kepada bisnis yang diawali dengan potensi diri dan baru jadi hobi.



Kalau ada yang ingin didiskusikan, silahkan menghubungi 08112252555 (Hp/Wa)

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*