Strategic Management
Perusahaan Menuju Good to Great
Super Admin, 07-01-2020 10:54:49 - Strategi
Bagi manajemen perusahaan, sudah waktunya merubah mindset dalam pengelolaan perusahaan

Salah satu pemikiran sratejik manajemen perusahaan adalah bagaimana bisa membawa perusahaan “naik kelas” yaitu menjadi perusahaan great atau besar. Tidak banyak orang yang melihat ini sebagai sebuah kebutuhan karena sejatinya perusahaan yang penting adalah untung, untung dan untung. Padahal, diharapkan perusahaan itu bisa menjadi great, tidak cukup hanya menjadi good.



Bagi manajemen perusahaan, sudah waktunya merubah mindset dalam pengelolaan perusahaan. Menjadi perusahaan great adalah sebuah keharusan kalau mau tetap bertahan dalam tingkat persaingan saat ini.



Buku Good to Great karya Jim Collins sejatinya dapat menjadi dasar bagi manajemen membuat perusahaan besar dan bahkan pemenang dalam bisnis mereka. Sejatinya, good to great menjadi kerangka berfikir untuk bisa menyukseskan bisnis yang besar.



Ada enam konsep dasar yang harus dimiliki oleh perusahaan yang akan menerapkan good to great yaitu bagaimana perusahaan memiliki leader tingkat lima. Seorang leader dalam perusahaan memiliki sikap yang professional dalam menjalankan bisnis. Target oriented dalam bekerja adalah salah satu ciri leader ini.



Yang kedua adalah perusahaan yang focus kepada manusia yang ada dalam perusahaan. Manusia adalah asset bagi perusahaan dan ini menjadi dasar untuk membuat program dalam perusahaan. Selanjutnya adalah bagaimana keyakinan manajemen terhadap keberhasilan ditengah masalah yang dihadapi oleh perusahaan. Tidak lupa bagaimana manajemen fokus pada kekuatan perusahaan.



Yang kelima adalah bagaimana perusahaan membangun budaya disiplin dalam perusahaan. Budaya tidak lagi hanya sebagai sebuah lip service tetapi sudah menjadi budaya yang diantaranya adalah sebagai sebuah kebiasaan, value dan bahkan habit. Tidak lupa pemanfaatan teknologi dalam perusahaan. Digitalisasi sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi manajemen perusahaan.



Nah. Inilah yang perlu menjadi perhatian manajemen perusahaan dalam membangun perusahaan untuk bisa memenangkan persaingan dalam bisnis.

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*