Business Today
Banjirdan Bisnis Entrepreneur
Super Admin, 03-01-2020 17:14:34 - Strategi
Banyak pihak yang terkaget-kaget karena beberapa lokasi yang mengalami banjir (Gambar: cnnindonesia.com)

Memasuki tahun baru 2020, beberapa daerah di Indonesia mengalami bencana banjir dan salah satunya di Kota Jakarta dan beberapa kota di sekitarnya yang merupakan bagian dari Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten.  Tahun baru yang biasanya dinikmati oleh masyarakat Indonesia sebagai awal tahun untuk memulai kegiatan, khususnya bisnis bagi entrepreneur menghadapi bencana alam secara tiba-tiba.



Banyak pihak yang terkaget-kaget karena beberapa lokasi yang mengalami banjir, belum pernah kena banjir. Akibatnya adalah berbagai kegiatan terganggu karena kena dampak banjir. Jalan tol yang tidak bisa dilewati karena tergenang banjir. Rumah sampai kendaraan yang tertimpa air dan hanyut oleh air akibat banjir.



Sebagai seorang entrepeneur , tentu hal harus menjadi perhatian karena berhubungan dengan lingkungan bisnis yang pastinya akan memberikan pengaruh kepada bisnisnya. Pengaruh ini bisa berupa ancaman ataupun peluang dalam menjalankan bisnis. tentu tidak bisa dipungkiri bahwa kondisi ini adalah fakta yang tidak bisa dielakkan oleh para entrepreneur.



Salah satu aspek yang menjadi penting adalah bagaimana seorang entrepreneur memahami sebagai sebuah fakta dalam menjalankan bisnis yaitu bencana alam berupa banjir. Entrepreneur perlu fokus pada lingkungan alam berupa hujan dan berdampak banir harus dimasukkan ke dalam analisis manajemen resiko dari bisnis masing-masing yang kalau tidak dikelola dengan baik, akan berdampak kepada perusahan berupa kerugian atau loss.



Oleh karena itu, sejatinya entrepreneur harus bisa melihat banjir sebagai sebuah resiko dan oleh karenya, harus dikelola dengan baik agar bisa meminimalisir resiko. Antisipasi banjir, perbaikan gorong-gorong di depan tempat usaha, pengecekan atap tempat usaha sampai dengan membuat tanggul air di depan tempat usaha agar air tidak masuk adalah beberapa hal yang bisa dilakukan agar bisnis tidak terganggu.



Inilah beberapa hal dari bagian manajemen resiko dari kejadian banjir. Adapun untuk berhubungan dengan konsumen, benar-benar memiliki data yang pasti tentang kondisi lingkugan sehingga dapat memprediksi pengiriman barang kepada konsumen.



Dengan langkah penting ini, yaitu menjadikan banjir sebagai sebuah pengaruh dari lingkunan bisnis dan diharapkan dapat meminimalisir resiko bagi usaha itu sendiri. Bagaimana dengan anda?

Penulis:MH
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*