Desa
UPK DAPM Kabupaten Bekasi Untuk Pemberdayaan Masyarakat
Super Admin, 27-09-2019 08:35:15 - News Today
Ida Farida, Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat Desa (DPMD) kabupaten Bekasi dalam sambutannya menyampaikan bahwa keberadaan UPK DAPM ini menjadi sangat strategis

Salah satu program yang dijalankan oleh Dinas Pemberdayaan masyarakat Desa (DPMD) kabupaten Bekasi adalah penguatan Kapasitas Kelembagaan Unit Pelaksana Kegiatan Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (UPK DAPM). Kegiatan yang diselenggarakan pada hari kamis, 26 September2019 di Grand Cikarang Hotel tersebut diikuti oleh pengurus dan pengawas UPK DAPM dari 16 Kecamatan se Kabupaten Bekasi.



Ida Farida, Kepala Dinas Pemberdayaan masyarakat Desa (DPMD) kabupaten Bekasi dalam sambutannya menyampaikan bahwa keberadaan UPK DAPM ini menjadi sangat strategis karena merupakan kelanjutan dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Madani (PNPM) Madani. “UPK DAPM ini diharapkan mampu memberikan manfaat kepada masyarakat yang membutuhkan pembiayaan dan bisa menghindarkan masyarakat di desa dari Bank Emok, Bank Pocong dan lain-lainnya” kata Ida.



Kondisi dilapangan yang diamati  Ida memang tidak terlepas dari kondisi nyata di masyarakat pedesaan. Oleh karena itu, UPK DAPM diharapkan mampu memberikan kontribusi lebih karena ini adalah uang Negara dan harus dipertanggugjawabkan.



Sejalan dengan yang disampaikan Kadin, kabid Psem Harry Ubayana menyatakan program ini diharapkan dapat memperkuat kompetensi pengurus UPK DAPM dalam mengelola dana pemerintah. “selain itu, membangun komunikasi yang semakin intens dengan UPK DAPM” kata Harry Ubayana.



Syamsurizal, Kasie yang bertanggungjawab atas pelaksanaan ini dalam laporannya menyatakan bahwa kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pemahaman dan peningkatan pengetahuan atas pelaksanaan kegiatan UPK DAPM. “Dua narasumber yang hadirakan memberikan insight tentang menggali potensi desa sebagai dasar pengembangan bisnis dan bagaimana memanfaatkan Digitalisasi dalam bisnis” kata Rizal.



Meriza Hendri, Direktur PT Strabiz Manajemen Bandung memberikan materi bagaimana meningkatkan kompetensi sebagai seorang pengelola UPK DAPM dengan basis ilmu bisnis dan manajemen. “Perlunya peningkatan kompetensi UPK DAPM agar bisa memberikan layanan optimal kepada masyarakat sesuai dengan peraturan yang berlaku” kata Meriza.



Adapun untuk pengembangan bisnis berbasis potensi pasar, Meriza memberikan desain untuk analisis kondisi pedesaan yang dapat memberikan peluang bisnis bagi masyarakat yang akan dibiayai oleh UPK DAPM Kabupaten Bekasi.



Dian yang mewakili perusahaan Four Vision, memberikan peluang peningkatan kapasitas bisnis bagi pengelola UPK DAPM dengan memanfaatkan digital saat ini. “UPK DAPM Kabupaten Bekasi sudah waktunya memanfaatkan digitalisasi dalam menjalankan bisnis” kata Dian.



Kegiatan pelatihan ini mendapat sambutan positif dari UPK DAPM Kabupaten Bekasi dimana mereka aktif menyampaikan permasalahan dan berdiskusi untuk mendapatkan solusi demi kemajuan UPK DAPM Kabupaten Bekasi.

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*