100 UMKM Naik Kelas
UMKM Kabupaten Bekasi Perkuat Kelembagaan Bisnis
Super Admin, 17-09-2019 19:11:52 - News Today
“UMKM itu harus maju dan dengan kelembagaan akan memperkuat bisnis UMKM di Kabupaten Bekasi” kata Agus Trihono

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Bekasi menyelenggarakan Bimbingan Teknis bagi 90 an UMKM Kabupaten Bekasi untuk membuat kelembagaan pada bisnis masing-masing UMKM. Bimtek yang diselenggarakan pada hari Selasa dan Rabu, 17 – 18 September 2019 di Hotel Celecton Cikarang ini bertujuan untuk memberikan bimbingan secara langsung kepada UMKM tentang bagaimana bisnis mereka bisa berbadan hukum dan nantinya dapat bekerjasama dengan lembaga lainnya.



Pelaksana Tugas Kepala Dinas Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Bekasi, Agus Trihono mendorong UMKM untuk membuat kelembagaan dalam bisnis masing-masing entrepreneur. “UMKM itu harus maju dan dengan kelembagaan akan memperkuat bisnis UMKM di Kabupaten Bekasi” kata Agus Trihono.



PLT kepala dinas KUMKM juga mendorong untuk pengembangan asosiasi bagi UMKM untuk mengembangkan bisnis UMKM secara bersama-sama. “Kalau ada asosiasi, pengembangan bisnis UMKM akan semakin cepat dan bahkan dapat menyelesaikan berbagai permasalahan UMKM secara bersama-sama” tambahnya.



Kepala Bidang UKM Dinas KUKM kabupaten Bekasi, Mirtono Suheranto menyatakan bahwa pelatihan ini memang dilakukan secara serial kepada UMKM berdasarkan kebutuhan pelatihan yang disampaikan oleh UMKM. “UMKM Kabupaten Bekasi bisa menyampaikan usulan pelatihan dan kali ini berhubungan dengan kelembagaan UMKM” kata Mirtono Suheranto.



Salah seorang instruktur dalam Bimbingan Teknis ini adalah Meriza Hendri, Dosen Magister Manajemen MM Universitas WIdyatama dan direktur PT Strabiz Manajemen Bandung mendorong UMKM untuk memiliki badan hukum karena ini akan mempengaruhi bisnis entrepreneur kedepan, khususnya UMKM di Kabupaten Bekasi. “Bimtek ini menjadi social capital bagi UMKM dan sejatinya dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kemajuan bisnis UMKM kedepan” kata Meriza



Selanjutnya, peserta akan mendapatkan materi-materi yang berhubungan dengan bisnis dan manajemen untuk memperkuat kelembagaan bisnis mereka. Hal ini sejalan dengan pernyataan yang disampaikan oleh Martawijaya Gultom, Kasie Kelembagaan Dinas KUKM Kabupaten Bekasi. “Peserta merupakan Binaan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Bekasi dan diharapkan memiliki lembaga yang kuat untuk membesarkan bisnisnya” kata Marta.



Selain itu, Marta juga menambahkan bahwa dengan kelembagaan UMKM di Kabupaten Bekasi ini akan mendorong pengusaha untuk memasarkan produk-produk UMKM Kabupaten Bekasi. Sukses terus UMKM Kabupaten Bekasi.

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*