ABCGM Jabar
FGD Penguatan Kelembagaan Inkubator Bisnis
Super Admin, 10-09-2019 18:45:39 - News Today
Kegiatan FGD dimulai dengan pemaparan dari ketua Bicube

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Jawa Barat pada umumnya dan Kota Bandung pada khususnya terus mendapatkan dukungan dari berbagai stakeholders dan salah satunya adalah sekolah Tinggi Ilmu Administrasi LAN Bandung yang mengembangkan incubator bisnis dengan nama Business Incubator Center (Bicube).



Lembaga yang didirikan sejak tahun 2018 ini memang fokus membantu pengembangan UMKM di Jawa Barat dan Kota Bandung dengan memberikan pelatihan dan pendampingan.



Pada hari Selasa, 10 september 2019 ini, Bicube menyelenggarakan Focus Group Discussion dengan tema Penguatan Kelembagaan Inkubator Bisnis melalui kemitraan strategis dengan menghadirkan stakeholder mulai dari perbankan, media, komunitas dan akademisi dari beberapa kampus di Kota Bandung seperti Unpad, Universitas Sangga Buana dan lain-lain.



Doni Dwi Hamtyoko Wahyudiwan, mewakili Direktorat Kawasan Sains dan Penunjang lainnya Kementrian Riset, Teknologi dan Perguruan tinggi menyampaikan dukungan untuk pelaksanaan FGD ini untuk pengembangan incubator bisnis dan salah satunya di STIA LAN. “Inkubator bisnis terkenologi mendorong inovasi UMKM dalam mengembangkan bisnis” kata Doni.



Joni Dawud, Ketua STIA LAN Bandung menyatakan bahwa STIA LAN Bandung bermaksud untuk mengembangkan semangat bisnis, mencoba bisnis serta mengembangkan bisnis. “Mahasiswa didorong untuk menjadi job creator dan bukannya job seeker dan adanya dosen di Bicube dapat menjadi dorongan bagi mahasiswa untuk sukses” kata Dawud.



Agus Sudrajat, Deputi Bidang Kajian dan Inovasi Manajemen ASN Lan Bandung Menyatakan bahwa UMKM menghadapi banyak permasalahan dan dilihat ke berbagai Negara bahwa incubator bisnis memegang peranan strategis. “Sinergi dari berbagai stakeholders yang ada di Jawa Baratdiperlukan untuk pengembangan UMKM melalui incubator bisnis” kata Agus



Kegiatan FGD dimulai dengan pemaparan dari ketua Bicube, Siti Widharetno yang menjelaskan tentang Bicube. Meski baru dua tahun, Bicube sudah menjadi 20 Inkubator bisnis terpilih yangmendapatkan fasilitas pengembangan inkubator dari pemerintah” kata Siti Widharetno



Tidak lupa juga Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat, Kusmana Hartadji menyampaikan program yang relevan dengan penguatan inkubator bisnis termasuk Bicube. “Kami selaku pemerintah sangat mendukung program inkubatorbisnis karena sejalan dengan program pemerintah melakukan sinergi dengan akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah dan media” kata Kusmana Hartadji.



Dari pelaksanaan FGD sudah dapat terkumpul dukungan dari akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah dan media untuk penguatan kelembagaan Bicube sebagai sebuah inkubator bisnis yang dapat berkontribusi kepada pengembangan UMKM yang notabene adalah dampingan BIcube. Dukungan juga datang dari KADIN Jabar, Blibli.com, strabiz TV dan stakeholders lainnya.



 



 

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*