ABCGM Jabar
Menyamakan Persepsi Dengan Pengurus dan Anggota EKosistem
Super Admin, 26-07-2019 08:43:31 - Strategi
leader dituntut untuk bisa meningkatkan kesamaan persepsi atas ekosistem dimana mereka berada

Tantangan yang dihadapi oleh para leader dalam sebuah ekosistem adalah perubahan lingkungan internal dan eksternal mereka. Ini adalah sebuah fakta yang tidak bisa diabaikan oleh setiap leader bahwa ekosistem yang dipimpin itu juga dipengaruhi oleh lingkungan internal dan eksternal.



Rasanya, ini jauh berbeda dengan pengelolaan perusahaan yang dimana anggotanya benar-benar terdiri dari karyawan saja. Berbeda dengan ekosistem yang berasal dari berbagai latar belakang. Adapun perubahan lingkungan eksternal seperti politik, ekonomi, sosial dan budaya serta teknologi.



Oleh karena itu, leader dituntut untuk bisa meningkatkan kesamaan persepsi atas ekosistem dimana mereka berada. Ini adalah tantangan yang paling berat dilakukan oleh setiap leader karena dalam ekosistem, terdapat berbagai dinamika dan ketika persepsi pengurus dan anggota sudah sama, akan mudah meminimalisir berbagai hal yang datang dari luar ataupun dari dalam.



Persepsi itu dipengaruhi oleh pengetahuan dan pengalaman dan oleh karena itu, seorang leader harus mendefinisikan konsep ekosistem dan juga rules of the game yang akan dishare kepada pengurus dan anggota.



Pengetahuan dapat diberikan melalui sharing atau diskusi ataupun memberikan informasi secara berkala kepada pengurus dan anggota. Adapun pengalaman, bisa mengevaluasi atas program yang dijalankan serta bagaimana perbaikan terus menerus yang harus dilakukan oleh setiap leader. Inilah yang harus dilakukan seorang leader dalam sebuah ekosistem secara berkelanjutan.

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*