ABCGM Jabar
ABCGM : Fokus kepada Kualitas
Super Admin, 22-07-2019 08:27:53 - Strategi
Tim ABCGM di STIA LAN (Foto: TIm Bicube)

Bicara kualitas, tidak hanya bicara tentang bisnis karena seringkali orang menyatakan bahwa kualitas itu berhubungan dengan bisnis saja. Akan tetapi, sejatinya konsep kualitas harus dimanfaatkan untuk kepentingan ekosistem tempat para entrepeneur berada. Kuallitas menjadi kunci sukses pengelolaan ekosistem.



Sebagai seorang leader, harus bisa memahami konsep kualitas dalam hal administrasi ekosistem, kualitas program, kualitas laporan kegiatan, kualitas manajemen ekosistem dan lain-lain. Hal ini harus menjadi perhatian setiap leader yang mengurusi ekosistem ini.



Kualitas itu berhubungan dengan kesesuaian antara apa yang dibutuhkan oleh anggota ekosistem dengan apa yang diberikan kepada anggota ekosistem. Tentu kalau bersifat jasa, perlu pemahaman dengan menggunakan konsep Parasuraan yaitu TERRA, dimensi tangible, empathy, reliability, responsiveness dan assurance. Kalau produk dari leader kepada anggota berupa barang,bisa melihat dimensi yang disampaikan Juran yaitu Perfornance, Reliability, Feature, conformance, durability, serviceability, aesthetic dan perceived quality.



Sederhana, memang karena sudah sangat gampang untuk diucapkan, akan tetapi menjadi kunci sukses setiap leader dalam mengelola ekosistem tersebut. Ingat, anggota itu adalah konsumen yang harus dilayani dengan baik dan sejatinya menjadi perhatian utama para leader dalam setiap ekosistem. Jadi, logikanya dibalik yaitu bagaimana seorang leader harus bisa menjadi “pelayan” bagi anggota.



Mau Lihat Kegiatan Ekosistem ABCGM Jabar Untuk UMKM Naik Kelas? Bisa buka www.abcgmjabar.id

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*