Strategic Entrepreneurship
Kinerja UMKM itu ada di Inovasi
Super Admin, 16-07-2019 08:18:13 - Strategi
Aspek inovasi menjadi dimensi yang perlu dianalisis kinerjanya

Memang kalau bicara tentang UMKM itu tidak akan ada habisnya. Akan tetapi, dari pelaku UMKM ini pulalah yang menjadi kesempatan untuk belajar banyak dan mendapatkan Lesson Learned bagi banyak orang. Salah satunya adalah bicara tentang kinerja bisnis para pelaku UMKM yang kalau diamati, memang diharapkan bisa menjadi perusahaan yang besar.



Salah satunya pada unsur kinerja bisnis pelaku UMKM yang tidak bisa hanya dilihat pada aspek financial saja atau kinerja yang bersifat keuangan saja. Kenapa demikian? Karena banyak sekali variable yang sejatinya menjadi gambaran atas kinerja bisnis para entrepreneur. Kalau dipaksakan pada dimensi keuangan, tentu tidak akan optimal.



Aspek inovasi menjadi dimensi yang perlu dianalisis kinerjanya. Hal ini berhubungan dengan bagaimana seorang entrepreneur mampu mengembangkan ide-ide kreatif mereka untuk bisa menghasilkan sesuatu yang baru dan bisa diterima pasar. Inilah yang disebut dengan inovasi yang sejatinya dimiliki oleh para entrepreneur dalam membangun bisnis mereka dan menjadi perhitungan kinerja bisnis tersebut.



Inovasi atau mati dalam sebuah buku yang sangat menarik menggambarkan bagaimana perusahaan akan mati kalau tidak melakukan inovasi. Hal ini berlaku pula kepada bisnis para entrepreneur dan menjadi kinerja bisnsi yang harus diperhitungkan.



Inovasi itu bisa dalam konteks keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia. Disinilah kunci bagi setiap entrepreneur dalam keberhasilan mengelola bisnis.



So, mari hitung kinerja bisnis berbasis inovasi yang sudah dilakukan.

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*