ABCGM Jabar
Nilai Disiplin Dalam Ekosistem
Super Admin, 25-06-2019 09:04:53 - Strategi
Disiplin ini berhubungan dengan bagaimana setiap leader dan pengurus menjalankan apa yang sudah disepakati

Salah satu tugas utama seorang leader dalam mengembangkan ekosistem adalah berhubungan dengan disiplin. Banyak ekosistem yang belum optimal mencapai tujuan untuk memberikan manfaat bagi anggota adalah karena leader dan pengurus tidak disiplin. Hal ini penting bagi setiap pengurus sebuah ekosistem yang memang bertujuan untuk memberikan manfaat bagi anggota.



Disiplin ini berhubungan dengan bagaimana setiap leader dan pengurus menjalankan apa yang sudah disepakati dan direncanakan pada awal kegiatan. Jadi, awalnya adalah rencana dan kesepakatan bersama dalam ekosistem tersebut.



Ketika ini bisa dilakukan oleh para leader dan pengurus, pola dan bentuk organisasi akan dapat berjalan dengan baik. Penting bagi para leader dan pengurus untuk bisa terus fokus menjaga dan menjalankan kedisiplinan dalam program sebuah ekosistem. Tidak dapat dipungkiri bahwa disiplin berhubungan dengan pelaksanaan atas program yang sudah ditetapkan dalam organisasi.



Seringkali anggota kurang sadar dengan konsep disiplin ini dan menjadi faktor yang menyebabkan ekosistem tidak berjalan dengan baik. Disinilah kunci sukses seorang leader dan pengurus untuk “memperpanjang” usia sebuah ekosistem.



Oleh karena itu, marilah setiap leader untuk fokus dalam menjaga kedisiplinan dalam menjalankan rencana dan kesepakatan dalam ekosistem dalam bentuk program. Ketika ini bisa dilakukan, ekosistem akan bertahan dan tumbuh serta berkembang dalam jangka panjang.



Mau Lihat Kegiatan Ekosistem ABCGM Jabar Untuk UMKM Naik Kelas? Bisa buka www.abcgmjabar.id

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*