Strategic Management
Implementasi Strategi
Super Admin, 30-04-2019 09:10:18 - Strategi
Salah satu faktor utamanya adalah implementasi strategi

Banyak orang yang merasa bahwa mereka sudah membuat perencanaan strategi dengan baik. Hal ini dimulai dari analisis lingkungan internal dan eksternal sampai dengan merumuskan strategi. Ada visi, misi, tujuan, sasaran, nilai-nilai perusahaan sampai dengan strategi dan kebijakan.



Akan tetapi, kenapa banyak strategi yang tidak mencapai target yang sudah ditetapkan? Kenapa strategi tidak bisa memberikan sustainable competitive advantage bagi entrepreneur dalam bisnisnya di pasar? Kenapa tidak bisa memberikan kinerja perusahaan, baik berupa keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia?



Salah satu faktor utamanya adalah implementasi strategi yang tidak optimal yang dilakukan oleh para strategic entrepreneur. Hal ini memang menjadi key success factor dalam capaian hasil yang ditargetkan oleh strategic entrepreneur itu sendiri.



Oleh karena itu, fokuslah kepada implementasi strategi yang membutuhkan kombinasi antara hard skill dan soft skills seorang strategic entrepreneur. Akan berbeda hasilnya ketika setiap strategic entrepreneur menjalankan strategi yang sudah ditetapkan.



Hard skill yang dibutuhkan adalah manajemen, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen operasi dan manajemen sumber daya manusia. Skill atau keterampilan ini harus dikuasai oleh strategic entrepreneur.



Adapun soft skills yang harus dimiliki adalah leadership skills, decision making skills, communication skills, networking sampai dengan motivation dan team building.



Inilah yang harus dimiliki oleh para strategic entrepreneur dalam menjalankan strategi agar strategi tersebut bisa mencapai sustainable competitive advantage serta kinerja bisnis sesuai dengan tujuan perusahaan.

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*