Belbiz on Radio
Belbiz on Radio: Manfaatkan Inkubator Bisnis
Super Admin, 23-03-2019 06:45:03 - News Today
Meriza Hendri selaku CEO Strabiz Manajemen Bandung mengulasnya dengan tamua Sulistia Suwondo, Kepala Pusat Inkubator Politeknik Negeri Bandung

Program Belajar Bisnis yang diselenggarakan oleh Radio K-Lite 107,1 FM yang bekerjasama dengan PT Strabiz Manajemen Bandung pada hari Jumat, 22 Maret 2019 membahas sebuah tema yang berhubungan dengan satu badan yang dapat memberikan social capital para entrepreneur berupa pengetahuan dan keterampilan dan bahkan sampai pada akses pendanaan berupa hibah, akses pasar sampai business matching.



Meriza Hendri selaku CEO Strabiz Manajemen Bandung mengulasnya dengan tamua Sulistia Suwondo, Kepala Pusat Inkubator Politeknik Negeri Bandung. Meriza menjelaskan bahwa sejatinya entrepreneur menghadapi keterbatasan sumber daya dalam menjalankan bisnis berupa informasi, akses pasar, akses perijinan, akses pembiayaan, keterampilan manajerial dan lain-lain. “Hal ini menjadi fakta yang tidak bisa dielakkan oleh para entrepeneur” kata Meriza.



Oleh karena itu, entrepeneur harus bisa memenuhi keterbatasan sumber daya tersebut dengan memanfaatkan model Social Capital yang ditawarkan oleh akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah dan media.



“Pusat incubator bisnis menjadi salah satu sumber social capital bagi entrepreneur” tambah Meriza. Social capital dari incubator bisnis diberikan oleh pihak perguruan tinggi ataupun lembaga swasta.



Sulistia menjelaskan bagaimana pusat incubator bisnis yang ada di Politekni Negeri Bandung yang sudah berdiri sejak tahun 2015 menjadi salah satu bagian dari kampus yang memberikan layanan untuk membantu menginkubasi entrepreneur muda dan saat ini fokus mahasiswa Polban.



“Kami diiberi target oleh manajemen Kampus Polban untuk mencetak start up baru dari kampus” tambah Sulistia. Dengan fasilitas yang ada berupa ruangan dan akses ke kementrian serta dukungan dari manajemen dan para dosen, mahasiswa Polban dapat memanfaatkan Inkubator bisnis untuk menjadi seorang pengusaha.



“Berbagai produk yang dihasikan oleh mahasiswa sudah dapat berkembang serta mendapatkan hibah dari pemerintah” tambah sulistia.



Meriza Hendri menyatakan bahwa incubator bisnis juga menerima masyarakat umum sebagai tenant dan sejatinya peluang ini bisa dimannfaatkan oleh entrepreneur. “beberapa tipsnya adalah pertama, miliki mindset akan tumbuh dan berkembang dengan Inkubator bisnis” kata Meriza. Selain itu, Meriza juga menjelaskan bangun hubungan baik dengan dosen dan pihak kampus serta incubator bisnis, fokus pada bisnis sampai aktif di incubator bisnis.

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*