ABCGM Jabar
ABCGM : Naik Kelas
Super Admin, 17-11-2018 13:01:08 - Strategi
kondisi UMKM tidak hanya berhubungan dengan asset dan omzet saja

Seringkali didengar konsep naik kelas yang dihubungkan dengan UMKM karena memang hal ini menjadi sangat menarik karena berhubungan dengan bagaimana bisnis kedepannya dan tantangan yang harus dihadapi. Sangat disayangkan kalau bisnis para UMKM dari skala tidak berkembang dan hanya sampai mikro saja.



Hal ini akan berdampak kepada bisnis para UMKM dimasa depan. Naik kelas atau scale up sudah menjadi sebuah kebutuhan yang harus dilakukan oleh UMKM dan para pihak yang concern dengan UMKM. Satu kata ini harus menjadi kunci untuk membangun UMKM.



Memang sampai saat ini belum ada definisi yang disepakati secara bersama. Apa yang bisa dijadikan patokan atau standar ketika sebuah UMKM sudah bisa disebut naik kelas.? Apakah bisa dari skala mikro, kecil, menengah dan besar berdasarkan Undang-Undang nomor 20 tahun 2008?



Kalau dibilang, bisa saja, akan tetapi, kondisi UMKM tidak hanya berhubungan dengan asset dan omzet saja, akan sangat berat kalau menyebut UMKM naik kelas hanya berdasarkan kedua dimensi tersebut. Oleh karena itu, sudah seharusnya mencari konsep yang sesuai dengan kondisi UMKM dan juga berdasarkan pada pemahaman bersama sehingga didapat langkah-langkah yang benar untuk membuat UMKM naik kelas.



Mau Lihat Kegiatan Ekosistem ABCGM Jabar Untuk UMKM Naik Kelas? Bisa buka www.abcgmjabar.id

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*