ABCGM Jabar
UMKM Kabupaten Karawang Siap Sertifikasi Halal
Super Admin, 08-11-2018 21:30:45 - News Today
Foto Setelah Pelatihan (Foto : Adnan)

Hitung mundur implementasi Undang Undang Jaminan Produk Halal No. 33 Tahun 2014, siap dilaksanakan pada bulan oktober 2019. Hal ini menuntut para pelaku usaha mendaftarkan produknya untuk disertifikasi halal melalui lembaga pemeriksa halal (LPH) yang di tunjuk  oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).



Dinas KUMKM Kabupaten Karawang sangat menyadari akan hal ini dan UMKM Kabupaten Karawang harus dipersiapkan untuk menghadapi pemberlakuan UU Jaminan Produk Halal. Termasuk Binaan perusahaan yaituPT ASABRI Wilayah Karawang. 



Untuk itu, diadakan pelatihan Persiapan Sertifikasi Halal bagi UMKM binaan PT ASABRI Wilayah Karawang yang diselengarakan oleh Dinas KUMKM kabupaten karawang bekerjasama dengan PT ASABRI Wilayah Karawang. "Kegiatan ini merupakan kerjasama antara dinas KUMKM kabupaten karawang dengan PT ASABRI Wilayah Karawang" Kata Sari, Kasie PT ASABRI Wilayah Karawang  di sela-sela pelatihan yang diadakan pada Hari Kamis, 8 November 2018 Kemarin di Rumah Makan. Indo Alam Sari, Karawang.  



Materi tentang Halal dari Prof Iim yang disampaikan oleh Saepul Adnan, membahas tentang hala dan Adnan menyatakan bahwa sebelum UU JPH ini ada, sertifikasi halal bersifat voluntary artinya para produsen secara sukarela mendaftarkan produknya untuk disertifikasi halal, namun saat UU JPH ini ada, sertifikasi halal menjadi wajib atau bersifat mandatory bagi pelaku usaha yang menghasilkan produk.



“Dalam UU JPH no. 33 Tahun 2014, pasal 4 menyatakan bahwa Produk yang masuk, beredar dan diperdagangkan di wilayah Indonesia wajib bersertifikat halal,  itu artinya pelaku usaha dari skala mikro seperti industri rumah tangga sampai skala menengah dan besar harus mengantongi sertifikat halal” imbuh Adnan yang juga berprofesi sebagai Dosen Teknologi Pangan Halal di Universitas Muhammadiyah Bandung.



Diklat ini dimulai oleh Sambutan dari Herman Hidayat selaku Direktur SDM dan Umum PT. ASABRI, dilanjutkan dengan materi I Aspek Legal PIRT oleh Neni Rosnani dari Dinas Kesehatan Kab. Karawang. Selain itu, Para UMKM Binaan PT. ASABRI mendapat pembekalan materi tentang pentingnya Branding Kemasan yang disampaikan oleh Muhammad Firsan selaku CEO dan Founder dari Rumah Kemasan Bandung dan dikahiri dengan penyampaian materi marketing online (E-Commerce) yang disampaikan oleh bapak Oman Komarudin dari Kidocom Bandung.



Kedepannya, PT Asabri mensupport semua mitra binaan nya yang bergerak di usaha makanan & minuman utk pensertifikatan baik PIRT, Layak Hygine dan halal.

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*