100 UMKM Naik Kelas
Sumiyati: Ingin Berbagi Pemahaman Legal Aspect Bagi UMKM dan Koperasi
Super Admin, 07-11-2018 06:36:53 - Profil
Berbekal pengetahuan dan pengalaman ini, Sumi tertarik untuk berkontribusi kepada Pelaku usaha khususnya UMKM dan Koperasi

Sebagai dosen di Politeknik Bandung Polban, Sumiyati atau yang lebih sering dipanggil Sumi oleh para dosen bertanggungjawab tidak hanya sebagai pengajar, pendidik, peneliti tetapi juga memberikan pengabdian kepada Masyarakat.



Wanita kelahiran Bandung yang memilki latar belakang keilmuan hukum ini sudah melakukan beberapa pengabdian masyarakat yaitu ketua pengurus Koperasi Warga Polban tahun 2004 – 2012 dan sekretaris pengurus Koperasi Warga Polban tahun 2012 – 2014.



“Selain itu, saya juga pernah jadi pengurus PUSKOPDDIT JABAR Sebagai Sekretaris tahun 2008 – 2012 dan sebagai ketua pengurus tahun 2011 – 2014” tambah Sumi. Pengalaman ini membuat pemahaman Sumi terhadap konsep dan praktek semakin kuat, khususnya bisnis dan dihubungkan dengan aspek hukum.



Tidak hanya menjadi dosen, Sumi mulai terlibat dalam bisnis. Bersama teman-teman alumni FH UNPAR 84, Sumi sedang merintis usaha dalam bidang event organizer dengan nama “Event Decoration FH 84”. Usaha yang di mulai sejak bulan Juni 2018 ini beralamat di Jalan Dahlia No 3 Bandung. Sampai saat ini baru menerima pekerjaan sebanyak 3 event dalam lingkup kecil berupa acara temu halal bihalal, temu alumni, dan acara keluarga.                            



Berbekal pengetahuan dan pengalaman ini, Sumi tertarik untuk berkontribusi kepada Pelaku usaha khususnya UMKM dan Koperasi. “UMKM dan Koperasi perlu diberikan pendidikan tentang hukum agar bisa membuat bisnisnya berkembang” kata Sumi.



Untuk itu, Sumi bergabung dengan Tim sinergitas ABCGM untuk UMKM Jabar Naik kelas. Sumi membantu UMKM untuk paham dengan legal aspect yang berhubungan dengan bisnis. “Saya ingin berbagi ilmu dan pengalaman yang dimiliki sebagai akademisi untuk meningkatkan UMKM di Jawa Barat” tambah Sumi. Kedepannya,



Selain UMKM, Sumi juga concern dengan koperasi. Bagi Sumi, sebagai mantan pengurus koperasi baik di tingkat instansi maupun di tingkat Jawa Barat, masih banyak kekeliruan pemahaman dalam mengelola koperasi di tengah masyarakat. “Untuk itu, berdasarkan pengalaman mengurus koperasi primer dan sekunder, berharap dapat membagikan pengalaman dan berbagi ilmu pengelolaan UMKM utamanya koperasi di wilayah Jawa Barat” kata Sumi.



Bagi sahabat yang ingin berdiskusi dengan Sumi tentang UMKM dan Koperasi, dapat menghubungi di 08122058820 yang berdomisili di Kota Bandung.

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*