100 UMKM Naik Kelas
R. Rudibilah : Berbagi Pengalaman dan Pengetahuan Untuk Kemajuan UMKM
Super Admin, 06-11-2018 06:26:00 - Profil
Rudi menjalankan peran sebagai Kepala Bidang Usaha Kecil Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat

R. Rudibilah atau yang lebih biasa dipanggil Rudi adalah seorang Aparatur sipil Negara (ASN) yang ditugaskan di Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat yang bertugas melayani Usaha Mikro dan Kecil Jawa Barat untuk berkembang.



Saat ini, Rudi menjalankan peran sebagai Kepala Bidang Usaha Kecil Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat. Salah satu tugas pokok Rudi adalah menyelenggarakan koordinasi pembinaan dan pengendalian teknis dibidang Usaha Kecil.



“Ada beberapa aspek dalam tugas pokok saya yaitu aspek fasilitasi pembiayaan, pengembangan inovasi produk dan sistem informasi, serta pengembangan pemasaran usaha kecil” kata Rudi. Aspek-aspek yang dijalankan Rudi diharapkan mampu mengembangkan Usaha Kecil di Jawa Barat.



Kegiatan – kegiatan yang dijalankan oleh Rudi dari aaspek fasilitasi pembiayaan bagi UMKM diantara berhubungan dengan akses ke perbankan dan juga Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang dimiliki BUMN serta program Corporate social Responsibility (CSR).



“Dibidang saya juga bertanggungjawab pada pengembangan inovasi produk UMKM dan sistem informasi agar bisa bersaing” kata Rudi. Hal ini ditunjukan dengan pelatihan bagi UMKM yang fokus pada inovasi produk dengan memanfaatkan sistem informasi manajemen.



Selain itu, Rudi juga membantu pengembangan akses pasar bagi UMKM. Pelaku UMKM juga diberikan askes kepada pasar online ataupun off line seperti pasar, toko sampai dengan pameran. Pelaku UMKM banyak yang difasilitasi untuk mengikuti pameran.  



Selain sesuai tugas pokok dan fungsi sebagai ASN, Rudi sangat komitmen untuk pengembangna UMKM Jawa Barat. “Saya ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan untuk kemajuan UMKM” kata Rudi yang saat ini juga tergabung dalam Tim Sinergitas ABCGM Untuk UMKM Jabar Naik Kelas.



Bagi sahabat yang ingin berdiskusi dengan Rudi, dapat menghubungi di 082226122348.

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*