Strategic Entrepreneurship
Strategic Entrepreneurship: Ingat..Tujuannya Untuk Membuat Perusahaan “Jalan Sendiri”
Super Admin, 05-11-2018 06:41:15 - Strategi
Disinilah hakekat seorang entrepreneur harus bisa membangun sistem manajemen perusahaan (Foto: Istimewa)

Ketika seorang entrepreneur membangun bisnisnya, tentu ada batas seorang entrepreneur terlibat sendiri dalam bisnis tersebut. Mendesain bisnis sendiri, menjalankan bisnis sendiri, membeli bahan baku sendiri, memproduksi sendiri, memasarkan sendiri dan menghantarkan produk sendiri kepada konsumen. Lalu menerima pembayaran sendiri, dan lain-lain. Intinya  sendiri.



Tentu ini akan berbahaya bagi para entrepreneur karena itu akan mempengaruhi masa depan bisnisnya dan juga diri mereka. bisa jadi akan membuat dirinya sakit dan nanti bisnis berhenti. Tentu tidak diharapkan oleh para entrepreneur pada bisnisnya.



Disinilah hakekat seorang entrepreneur harus bisa membangun sistem manajemen perusahaan mereka dengan membuat desain mulai dari visi dan misi, tujuan perusahaan, sasaran dan strategi perusahaan. Lalu, program perusahaan yang dimulai dari sumber daya manusia yang akan menjalankan perusahaan. Mulai dari struktur organisasi, job description, job specification dan proses rekrut sampai dengan pelatihan dan gaji.



Inilah yang menjadi dasar untuk para entrepreneur bahwa mereka tidak boleh bekerja sendiri dan untuk itu, mereka harus bisa membuat sistem manajemen untuk bisa “lepas” dari bisnis yang harus dikerjakan sendiri. Dengan sumber daya manusia yang akan menjalankan bisnis, maka entrepreneur bisa membangun aspek pasar, proses bisnis, keuangan dan bahkan relasi dengan stakeholders. Inilah kerangka berfikir seorang strategic entrepreneur



So, mari buat sistem manajemen perusahaan. .

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*