ABCGM Jabar
ABCGM : Nilai Tanggungjawab Dalam Menjaga Ekosistem
Super Admin, 05-11-2018 06:26:54 - Strategi
Disinilah seorang leader harus bisa memiliki sebuah nilai dalam ekosistem tersebut

Hal yang menarik ketika bicara sebuah ekosistem adalah bicara tentang tanggungjawab seorang leader dalam kelompok.Tanggungjawab atas apa yang terjadi dalam ekosistem dan khususnya bagi para anggota yang memang sudah merasa mereka hadir di ekosistem tersebut untuk mendapatkan benefit yang sama karena basis ekosistem tersebut adalah kepentingan yang sama.



Disinilah seorang leader harus bisa memiliki sebuah nilai dalam ekosistem tersebut berupa tanggungjawab. Gampang mengucapkannya, akan tetapi tidak mudah untuk melakukannnya. Akan tetapi, ini penting agar ekosistem dapat berjalan dengan baik dan bahkan terus mampu mengembangkan ekosistem kedepannya.



Nilai tanggungjawab ini menjadi fondasi bagi leader dan pengurus. Ketika tanggungjawab ini bisa dimiliki dan terus dipegang oleh para leader, akan bisa memberikan penguatan diri dalam setiap leader. Jangan pernah menganggap remeh tanggungjawab ini untuk saat ini dan yang akan datang.



Hal ini dimulai dengan konsep diri bahwa keberlangsungan ekosistem ini berawal dari tanggungjawab seorang leader. Tanggungjawab bagi diri setiap leader. Lalu, memahami konsep apa saja yang harus ditanggungjawapi oleh para leader. Bisa dimulai dari tanggungjawab atas amanah yang diberikan anggota dan stakeholders. Lalu, jalankan tanggungjawab dan lakukan evaluasi untuk perbaikan kedepannya. Inilah tanggung jawab setiap leader dalam ekosistem.



Mau Lihat Kegiatan Ekosistem ABCGM Jabar Untuk UMKM Naik Kelas? Bisa buka www.abcgmjabar.id

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*