Pensiupreneur Siapa Takut?
Pensiunpreneur – 96: Pemahaman Atas Lingkungan Internal dan Eksternal
Super Admin, 05-11-2018 05:54:03 - Rubrik
sudah waktunya pensiunpreneur fokus pada analisis lingkungan internal dan eksternal bisnis masing-masing

Ada satu yang menarik bagi setiap pensiunpreneur adalah bagaimana mereka bisa melakukan analisis terhadap lingkungan internal dan eksternal dari bisnis mereka. Hal ini menjadi penting karena akan membuat keputusan stratejik dari setiap pensiunpreneur untuk bisa memenangkan persaingan bisnis yang jelas terjadi. Baik di bisnis fashion, kuliner, agrobisnis sampai dengan trading dan lain-lain yang memang banyak dipilih oleh para pensiunpreneur.



Lingkungan internal dari sebuah bisnis terdiri dari keuangan, pemasaran, operasi, sumber daya manusia sampai dengan teknologi informasi yang digunakan dan budaya perusahaan. Sejauh mana pensiunpreneur memahami kondisi lingkungan internal untuk menganalisis kekuatan dan kelemahan dari usaha mereka. data-data dari lingkungan internal menjadi sangat penting.



Sebaliknya, lingkungan eksternal perusahaan yang terdiri dari lingkungan makro yaitu konsumen, pesaing, supplier sampai dengan distributor. Demikian juga dengan lingkugan eksternal makro yaitu politik, ekonomi, sosial dan budaya serta teknologi  di luar perusahaan. Inilah yang menjadi point setiap pensiunpreneur harus pahami karena akan menjadi peluang ataupun ancaman.



Oleh karena itu, sudah waktunya pensiunpreneur fokus pada analisis lingkungan internal dan eksternal bisnis masing-masing untuk dianalisis kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman untuk mendapatkan posisi dipasar dan memillih strategi yang paling tepat untuk dijalankan.



Bagaimana dengan anda? Masih takut jadi Pensiunpreneur? Yuk analisis lingkungan internal dan eksternal bisnis kita. .... Mau materi lainnya? Tulisan dan versi video ada di www.merizahendri.com, www.strategidanbisnis.com, www.strabiztv.com,



Tulisan besok akan membahas MANAJEMEN bagi Calon Pensiunpreneur dan/atau Pensiunpreneur

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*