Seputar Jabar
Pariwisata Dorong Peningkatan PAD
Super Admin, 01-10-2018 08:16:53 - News Today
Menurut Uu, PAD dari sektor pariwisata tidak akan memberatkan masyarakat karena memberikan timbal balik yang menyenangkan. Berbeda dengan PAD dari retribusi atau pajak

KAB. SUMEDANG - Pemda Provinsi Jawa Barat akan terus mendorong pengembangan potensi pariwisatanya. Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum berharap, pariwisata bisa berkontribusi terhadap peningakatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) daerah tanpa memberatkan masyarakat.



Hal itu dikatakan Uu saat menghadiri Festival Jatigede di Lapangan Tegal Jarong, Desa Cijeungjing, Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang, Minggu (30/9/18).



Menurut Uu, PAD dari sektor pariwisata tidak akan memberatkan masyarakat karena memberikan timbal balik yang menyenangkan. Berbeda dengan PAD dari retribusi atau pajak



"Yang namanya pariwisata ini meningkatkan PAD tanpa memberatkan masyarakat. Kalau PAD meningkat dari retribusi masyarakat itu berat, tapi kalau PAD meningkat dari wisata tidak akan berat," kata Uu.



"Kenapa? Karena sekalipun masyarakat mengeluarkan uang banyak, tetapi ada feed back yaitu kebahagiaan dan kesenangan, jadi tidak terasa. Bahkan lebih banyak mengeluarkan untuk wisata dibanding pajak," jelasnya.



Untuk itu, Uu ingin setiap daerah dengan melibatkan masyarakat bisa mengelola potensi wisatanya dengan baik. Namun, perlu diperhatikan terlebih dahulu sarana prasarana penunjangnya.



"Yang harus didorong, pertama tempat. Harus representatif tetapi harus jelas dulu status tanahnya. Kalau status tanahnya sudah jelas, nanti kita bisa membantu," ujar Uu.



"Karena sarana dan prasarana sangat penting untuk kenyamanan dan kesenangan, ketenangan para wisatawan," sambungnya.



Selain itu, Uu menambahkan warga di sekitar lokasi wisata juga harus diberikan pembinaan terkait pelayanan kepada pengunjung. Jangan sampai membuat wisatawan kecewa karena sikap warga yang tidak baik.



"Harapan kami juga kepada masyarakat sekitar, tolong ramah someah hade ka semah, ramah kepada tamu. Supaya para pengunjung bisa betah, nyaman ada di sini (tempat wisata)," tutur Uu.



Festival Jatigede merupakan helaran seni dan budaya yang diikuti enam kecamtan di sekitar Waduk Jatigede, yaitu: Kecamatan Jatigede, Kecamatan Jatinunggal, Kecamatan Wado, Kecamatan Darmaraja, Kecamatan Cisitu, dan Kecamatan Situraja.



Ada pula berbagai pertunjukkan khas Sumedang seperti dari Padepokan Seni Dangiang Jagat atau seni musik bambu, serta pagelaran seni bangreng.

Sumber:Humas Jabar
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*