Seputar Bandung
Pemkot Bandung Raih Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2018
Super Admin, 24-09-2018 09:42:30 - News Today
Penghargaan TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik 2018 diperoleh Pemkot Bandung atas dua aplikasi inovatifnya, yaitu eSatria dan Mini Lab Food Security.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung meraih penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2018 dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Malam penganugrahan penghargaan digelar di Grand Ballroom Shangrila Hotel, Surabaya, Rabu (29/9/2018) malam.



Penghargaan diserahkan oleh Menpan RB, Syafrudin kepada para pemenang. Untuk Pemkot Bandung, penghargaan diterima oleh Kepala Badan Pengeloaan Pendapatan Daerah (BPPD) Kota Bandung, Emma Sumarna serta Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung, Elly Wasliah.



Penghargaan TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik 2018 diperoleh Pemkot Bandung atas dua aplikasi inovatifnya, yaitu eSatria dan Mini Lab Food Security.



Aplikasi eSatria atau elektronik self assesment tax report aps dikerjakan oleh BPPD Kota Bandung. Aplikasi ini merupakan sistem yang memberikan kemudahan layanan pajak, sehingga Wajib Pajak (WP) tidak perlu datang ke kantor, cukup mengakses aplikasi ini.



Sedangkan Mini Lab Food Security merupakan sistem yang memberikan keamanan dan kenyamanan dalam mengonsumsi bahan pangan segar. Konsumen dapat memeriksa kesehatan pangannya menggunakan Mini Lab Food Security.



Menpan RB, Syafruddin dalam sambutannya menyampaikan, pemerintah mendorong inovasi-inovasi yang bersifat lokal dan instansional, tetapi potensial untuk diterapkan secara nasional diangkat dan dijadikan program nasional.



“Inovasi - inovasi yang bersifat lokal dan instansional, tetapi potensial untuk diterapkan secara nasional, agar segera menjadi program nasional,” ujarnya.



Dikatakan lebih lanjut, saat ini sudah banyak inovasi dari pemerintah pusat maupun daerah yang mendapat penghargaan internasional. Hal itu sejalan dengan kebijakan Kemenpan RB yang terus berupaya mendorong terciptanya terobosan untuk meningkatkan pelayanan publik.



Inovasi terpilih pada Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2018 terdiri dari 16 inovasi dari 11 kementerian, 10 inovasi dari lima lembaga, termasuk Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Sementara, provinsi menyumbangkan 18 inovasi dari 13 pemerintah provinsi. Sedangkan kabupaten ada 39 inovasi dari 32 pemerintah kabupaten, serta 16 inovasi dari 12 pemerintah kota.

Sumber:www.portal.bandung.go.id
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*