ABCGM Jabar
Bersinergi untuk Koperasi dan UMKM Se-Kabupaten – Kota Wilayah I “Naik Kelas”
Super Admin, 07-09-2018 09:12:03 - News Today
Kepala Badan menyampaikan bahwa pemerintah Jawa Barat sangat mendukung peningkatan peran dari pelaku UMKM untuk ekonomi Jawa Barat

Ekonomi di Daerah menjadi penyokong pertumbuhan ekonomi Provinsi Jawa Barat. Salah satu wilayah yang menjadi sangat penting adalah wilayah 1 yang terdiri dari Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, Kota Depok dan Kabupaten Cianjur.



Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang diwakili oleh Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan Wilayah 1 Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan rapat koordinasi untuk peningkatan peran usaha Mikro, Kecil dan Menengah serta Koperasi dalam kontribusinya pada ekonomi Jawa Barat. Rapat koordinasi yang diselenggarakan di Kantor Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan Wilayah 1 Provinsi Jawa Barat, di Kota Bogor, dihadiri oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dan Kecil se wilayah I, dekopinda se wilayah I serta pelaku UMKM dan pendamping UMKM.



Acara ini dibuka oleh Dr. Ir. H. Supriatno.  MM., Kepala Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan Wilayah 1 Provinsi Jawa Barat. Dalam kesempatan ini, Kepala Badan menyampaikan bahwa pemerintah Jawa Barat sangat mendukung peningkatan peran dari pelaku UMKM untuk ekonomi Jawa Barat. “Potensi koperasi dan UMKM sangat besar dan perlu perhatian untuk peningkatannya” kata Prayitno. Beliau berharap agar rapat koordiinasi ini dapat menjadi momen untuk bersinergi agar bisa meningkatkan ekonomi pelaku Koperasi dan UMKM.



Kesempatan ini juga dihadi oleh Wardoyo, deputi restrukturisasi dan pengembangan Koperasi dan UMKM. Pemerintah pusat sangat concern terhadap koperasi dan UMKM diIndonesia. Beliau menjelaskan pengembangan dan Penguatan Koperasi Dan Umkm Dalam Rangka Penguatan Usaha. “Koperasi diharapkan dapat berkembang sesuai dengan kebijakan pemerintah untuk bisa berkualitas dan berkontribusi pada perekonomian nasional. Pemerintah pusat mendorong koperasi untuk terus berkembang” Kata Wardoyo.



Nia dari Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat menjelaskan program UMKM naik Kelas di Provinsi Jawa Barat. “Kami melakukan sinergi antara akademisi, bisnis, komunitas,pemerintah dan media dalam mengembangkan UMKM di Jabar” kata Nia.



Meriza Hendri, Dosen Magister Manajemen Universitas Wiyatama Bandung menjelaskan tentang model pentahelix dalam peningkatan skala bisnis UMKM dari skala Mikro, Kecil dan Menengah. Meriza yang juga ketua Tim Sinergitas ABCGM untuk UMKM Jabar Naik kelas menyatakan bahwa akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah dan media saling membutuhkan UMKM dan demikian juga sebaliknya. “Perlu komunikasi sesama tim ini untuk UMKM dan di masing-masing kabupaten- kota, khususnya di Wilayah I ini memilki potensi untuk bersinergi” Kata Meriza. 



Hana Jumhana, Bank BJB menjelaskan tentang kredit KCR bagi UMKM dan dukungan untuk peningkatan UMKM di Jawa Barat. “Bank BJB memiliki Program KCR dan KUR yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM untuk bisa meningkatkan skala bisnisnya dari aspek pembiayaan” kata Hana.



Tanya jawab bersama peserta mendukung rencana untuk UMKM naik kelas dan koperasi berkembang dengan mensinergikan antara akademisi, bisnis, komunitas,pemerintah dan media dan akan ditindaklanjuti dengan persiapan pembentukan tim Sinergitas ABCGM di empat kabupaten/kota yang belum ada Tim ABCGM. “Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong akademisi, bisnis, pemerintah, komunitas dan media di enam kabupaten kota se wilayah I untuk bersinergi agar UMKM tumbuh dan berkembang” kata Muswansyah, selaku Kepala bidang perekonomian Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan Wilayah 1 Provinsi Jawa Barat dan ketua panitia kegiatan ini.   



 



 

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*