ABCGM Jabar
Membangun Hubungan Baik Dengan Stakeholders
Super Admin, 07-09-2018 09:03:58 - Strategi
Disinilah tantangan setiap ketua ekosistem untuk bisa memahami dengan baik stakeholders

Tantangan bagi leader sebuah ekosistem adalah bagaimana bisa terus menjalin hubungan baik dengan stakeholders, khususnya yang berada di luar ekosistem. Hubungan baik inilah yang harus menjadi fondasi untuk membangun ekosistem menjadi tumbuh dan berkembang. Tidak dapat dipungkiri bahwa ekosistem itu berada dalam lingkungan dan salah satunya lingkungan eksternal seperti pemerintah, masyarakat, lembaga non pemerintah dan lain-lain.



Disinilah tantangan setiap ketua ekosistem untuk bisa memahami dengan baik stakeholders mana saja yang benar-benar berhubungan dengan ekosistem tersebut. Lalu, seberapa besar pengaruhnya terhadap ekosistem.



Hal mendasar yang perlu dipahami oleh setiap leader atau pimpinan ekosistem adalah konteks masing-masing stakeholders. Mereka memiliki need dan want serta kepentingan terhadap satu sama lain. Tidak dapat dipungkiri bahwa hubungan baik itu didasarkan oleh need, want dan kepentingan masing-masing.



Disinilah setiap leader dituntut untuk bisa memahami dengan baik. Lalu, bangun komunikasi yang intens dan stakeholders. Ketika ini bisa dilakukan, maka leader akan bisa membangun hubungan jangka panjang dengan stakeholders.



Bangun hubungan baik, yuk...



 



 

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*