Strategic Entrepreneurship
Efektif dan Efisien Dalam Proses Bisnis
Super Admin, 07-09-2018 09:01:22 - Strategi
Sejatinya kondisi ini adalah hal yang sudah sewajarna di hadapi oleh setiap entrepreneur

Semakin melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar menjadi warning bagi entrepreneur dan pensiunpreneur dalam menjalankan bisnis. Berita sudah menunjukkan bagaimana pelemahan rupiah terhadap Dolar sudah mencapai titik terendah yaitu Rp. 15.000/dolar Amerika. Hal ini menjadi peringatan kepada setiap entrepreneur.



Sejatinya kondisi ini adalah hal yang sudah sewajarna di hadapi oleh setiap entrepreneur dalam berbisnis karena pengaruh daripada lingkungan. Bisa berdampak positif dan juga negative. Akan tetapi, kebanyakan lebih menjadi ancaman.



Proses bisnis mulai dari supplier, input, process, output dan consumer harus benar-benar dikelola dengan baik karena sejatinya harus bisa efektif dan efisien. Dua konsep ini menjadi kunci sukses dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis.



Efektif merupakan konsep yang melihat proses bisnis harus bisa menghasilkan produk dan layanan yang berkualitas dan sesuai dengan target yang hendak dicapai oleh bisnis di awal. Efisien bagaimana proses bisnis yang bisa dikerjakan berdasarkan anggaran yang sudah dimiliki oleh para entrepreneur dan pensiunpreneur. Cost control adalah kuncinya dan fokus untuk mengelola biaya akan membuat efisiensi tercapai dalam proses bisnis.



Oleh karena itu, sudahkah sahabat-sahabat STRABIZ menerapkan efektifitas dan efisiensi dalam proses bisnis? Jalankan konsep ini dengan optimal untuk bisa sukses dalam bisnis dan mencapai competitive advantage.

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*