UMKM Naik Kelas
Pengembangan Bisnis UMKM Kabupaten Kulon progo
Super Admin, 06-09-2018 10:17:29 - News Today
Salah satu materi tentang manajemen usaha, motivasi dan kemitraan

Beberapa produk yang dikembangkan bagi UMKM di Kabupaten Kulonprogo adalah dibidang kopi, batik dan gula semut. UMKM di Kabupaten ini terus dikembangkan dan ditingkatkan kompetensinya agar dapat meningkatkan skala bisnis dari mikro ke kecil,menengah dan bahkan besar.



Program ini dijalankan oleh dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kulonprogo dengan menyelenggarakan Bimbingan Teknis untuk pengembangan bisnis UMKM yang terpilih. “UMKM ini berada disekitar Waduk Sermo” kata salah seorang pegawai Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kulonprogo.



Pelatihan ini diikuti oleh 20 orang UMKM dan dilaksanakan di kantor Desa Hargowilis kabupaten Kulonprogo mulai tanggal 4 sampai 6 September 2018. “Diharapkan mereka nanti dapat mengembangkan diri dan bisnisnya dapat berkembang ditempat wisata” tambah pegawai tersebut.



Salah satu materi tentang manajemen usaha, motivasi dan kemitraan diberikan oleh Meriza Hendri, Direktur PT Strabiz Manajemen Bandung. “materi ini sangat relevan dengan setiap UMKM untuk bisa tumbuh dan berkembang” kata Meriza.



Materi yang diberikan mulai pukul 08.00 sampai dengan 15.00 WIB tersebut disampaikan secara interaktif dan diberikan dalam bentuk ceramah, diskusi sampai dengan pemutaran video untuk meningkatkan pemahaman peserta terhadap materi. Bahkan Meriza juga menggunakan lembar kerja untuk melibatkan peserta menuliskan materi dalam konteks bisnis masing-masing.



Peserta menjadi tertarik dan bahkan aktif selama materi pembelajaran. “Kami sangat termotivasi dan merasa mater ini bisa dimanfaatkan di bisnis sendiri” kata Wawan, salah seorang peserta bimtek dan sedang menjalankan bisnis Mie ayam di Waduk Sermo.



Iyus Lesmana, Direktu PT WBI, yang juga menjadi pihak yang mendukung kegiatan ini menegaskan bahwa kehadiran PT WBI dan Dr. Meriza Hendri dapat membantu pengembangan UMKM diKabupaten Kulon progo. “Ditengah berjalankannya pengembangan bandara di kabupaten Kulonprogo, sejatinya UMKM dapat memanfaatkan kesempatan ini dan kami hadir untuk bersinergi dengan stakeholers di Kabupaten Kulonprogo” kata Iyus.



 

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*