ABCGM Jabar
Restrukturisasi Pengurus Dalam Ekosistem
Super Admin, 03-09-2018 06:32:38 - Strategi
Evaluasi itu bersifat objektif bagi setiap pengurus berbasis data

Hal yang paling penting dalam sebuah ekosistem bisnis adalah bagaimana memiliki pengurus yang benar-benar bisa menggerakkan ekosistem agar bisa memberikan value kepada anggota yang memiliki kepentingan yang sama.



Hanya saja, seringkali terjadi ada pengurus yang aktif dan ada yang pasif yang berpengaruh terhadap kinerja ekosistem. Perbedaan yang pastinya seringkali ditemukan di berbagai ekosistem yang bersifat sosial dan fokus pada value kepada anggota.



Disinilah perlunya seorang leader dalam ekosistem untuk melakukan restrukturisasi atau perubahan struktur organisasi dalam sebuah ekosistem. Hal ini berasarkan kepada evaluasi atas kinerja seluruh pengurus selama ini. Tidak dapat dipungkiri bahwa evaluasi harus dilakukan secara berkala untuk sebuah ekosistem.



Evaluasi itu bersifat objektif bagi setiap pengurus berbasis data. Tidak berdasarkan perkiraan yang hanya berlandaskan pada kira-kira.evaluasi yang bersifat objektif menjadi fondasi untuk setiap pemimpin dalam organisasi.



Selanjutnya, mengkomunikasikan hasil evaluasi kepada setiap pengurus untuk bisa diterima dengan baik. Hal ini penting untuk menghindari salah persepsi dan masalah dalam kepengurusan. Yang tidak kalah penting adalah bagaimana mencari pengganti pengurus yang sudah tidakbisa aktif lagi dikepengurusan ekosistem.



Restrukturisasi Kepengurusan, yuk...

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*