Strategic Entrepreneurship
Strategi Kolaborasi
Super Admin, 06-08-2018 07:20:33 - Strategi
Salah satu strategi yang bisa dipilih oleh entrepreneur adalah kolaborasi dengan stakehodlers yang ada di sekitar perusahaan

Para entrepreneur dihadapkan pada perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat dan bagi entreprenueur ataupun pensiunpreeur yang ingin memulai dan/atau mengembangkan bisnis, diperlukan pilihan strategi yang tepat. Kalau ini bisa dilakukan, maka bisnis akan bisa tumbuh dan berkembang, tetapi, kalau salah? Berakibat fatal bagi bisnis itu sendiri. Tidak akan ada lagi bisis yang bisa tumbuh dan berkembang.



Salah satu strategi yang bisa dipilih oleh entrepreneur adalah kolaborasi dengan stakehodlers yang ada di sekitar perusahaan. Entrepreneur harus bisa bekerjasama dengan sesama entrepreneur dalam menjalankan bisnis. Hal ini dilakukan setelah analisis tentang kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh masing-masing entrepreneur.



Biasanya, lebih banyak kelemahannya daripada kekuatan dan inilah awal untuk melakukan strategi kolaborasi dengan entrepreneur lain. Inti dari kolaborasi adalah bekerjasama dengan entrepreneur lain dan bersinergi dalam melayani konsumen yang membutuhkan jasa mereka bersama.



Mulai dari kekuatan diri dan bisnis sendiri serta dimana kekuatan itu bisa digunakan. Fokus kepada kekuatan yang dimiliki. Adapun rekan bisnis, fokus kepada kekuatan mereka dan lalu disatukan untuk melayani konsumen. Biasanya, yang menjadi masalah adalah ego yang dimiliki oleh para entrepreneur sehingga kerjasama tidak lama. Tugas utamanya adalah menurunkan ego dan bahkan memperkuat saling kesepahaman.



Bagaimana dengan anda? Siap menerapkan strategi kolaborasi dalam bisnis?

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*