Strategic Entrepreneurship
Strategi Inovasi
Super Admin, 24-07-2018 08:33:17 - Strategi
Strategi itu adalah pilihan terbaik yang harus diambil oleh setiap entrepreneur dengan basis lingkungan bisnis dan bersifat jangka panjang.

Sekali lagi, ketika seorang entrepreneur  menghadapi banyak perubahan lingkugan bisnis, adalah awal kondisi untuk bisa membangun bisnis yang kuat dan besar. Seringkali entrepreneur bersikap naïf dengan fakta yang terjadi di sekitar mereka ketika menghadapi perubahan lingkungan bisnis yang begitu cepat, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi.



Lihat saja kondisi ekonomi yang begitu cepat perubahannya dimana inflasi yang tinggi serta nilai tukar rupiah yang semakin melemah dibandingkan dengan dolar. Bahkan sudah melewati angka Rp. 14.500/dolar. Kondisi ini adalah nyata bagi setiap entrepreneur dalam membangun dan mengembangkan bisnis. Belum lagi perubahan lingkungan politik, social dan budaya di tengah masyarakat.



Ketika seorang entrepreneur ini mendapatkan hasil yang optimal dari bisnisnya, maka diperlukan sebuah strategi dalam mengembangkan bisnis. Strategi itu adalah pilihan terbaik yang harus diambil oleh setiap entrepreneur dengan basis lingkungan bisnis dan bersifat jangka panjang. Yang pastinya, setiap strategi harus bisa memberikan SUPERIOR VALUE bagi perusahaan.



Salah satunya adalah strategi inovasi yang harus diambil oleh para entrepreneur. Strategi inovasi berhubungan dengan bagaimana seorang entrepreneur mendapatkan sesuatu yang baru dan berbeda dari yang sudah ada serta bisa diterima oleh pasar. Hanya saja, strategi inovasi ini harus selalu memperhitungkan kondisi lingkungan internal dan lingkungan eksternal dari bisnis itu sendiri. Yang pastin, tentu ada peluang dan ancaman dari perubahan lingkungan eksternal tersebut.



Inilah yang harus diperhatikan oleh para entrepreneur ketika mereka akan memilih strategi inovasi dalam bisnis. Ingat, aspek yang bisa dilakukan adalah inovasi pada produk, keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia. Tentu setelah ini, kalau bisa dilakukan olehpara entrepreneur, akan mengalami keunggulan bersaing yang pada akhirnya bisa memberkan kinerja bisnis sesuai dengan target entrepreneur dalam bisnis.



Bagaimana dengan anda? Siap menerapkan strategic management dalam bisnis?

Penulis:Redaktur
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*