Rubrik IT
UMKM Harus Pilih Website dulu atau Iklan Produk dulu?
Super Admin, 13-07-2018 08:27:35 - Rubrik
Di Indonesia banyak bisnis yang berkembang dengan dimulai dari sosial media.

Perkembangan dunia digital membuat nyaris semua bisnis mulai bergeser dari konvensional (offline) ke digital (online), mulai dari media, toko, transportasi, pendidikan dan lainnya. Kali ini saya ingin memberi sedikit wawasan untuk temen-temen UKM yang memiliki modal pas-pasan saat akan memasuki persaingan dibisnis digital.



Website merupakan sesuatu yang sangat penting dalam perkembangan bisnis digital dewasa ini, lalu bagaimana dengan UKM yang baru merintis bisnis onlinenya, bahkan baru merintis bisnisnya, apakah perlu memiliki website? Memang saat ini banyak sekali developer website sangat ramah dengan budget UKM atau fasilitas gratis dari pemerintah untuk UKM.



Namun yang jadi masalah adalah, ketika UKM memiliki website, sangat percuma jika web tersebut tidak memiliki pengunjung, artinya temen-temen UKM tersebut seperti memiliki aset yang percuma.



Lalu apa yang seharusnya dilakukan oleh UKM saat ingin mengembangkan bisnisnya di era digital ini, kalo saran dari saya, saya tegesin lagi kalo ini sih saran dari saya, lebih baik temen-temen UKM memulai bisnis digitalnya dari sosial media, kenapa sosial media sih? simpel aja jawabanya, sosial media merupakan tempat berkumpulnya orang, atau kalo istilah bisnis offline ada yang mengatakan “sarang semut”, sosial media adalah sarang semut di dunia digital, tempat orang-orang berkumpul, nah disitulah kita harus membuka pasar untuk produk kita.



Dewasa ini perkembangan sosial media juga sangat mendorong para penggunanya untuk melalukan bisnis disana, adanya sosial media marketing membuat bisnis digital sangat mudah dan terbantu. Di Indonesia banyak bisnis yang berkembang dengan dimulai dari sosial media.



Nah dari hasil analisis tersebut saya lebih menyarankan buat temen-temen UKM yang budgetnya terbatas, gunakan terlebih dahulu budgetnya untuk beriklan dengan tujuan memperkenalkan produk, dibanding untuk development website.



Untuk UMKM yang memang sudah berada dilevel aman, baik aman secara omzet, aman secara produksi, aman budget marketing, ini lain lagi, kalo disini saya lebih menyarankan untuk sesegera mungkin membuat website.



Loh kenapa harus membuat website? Ya jelas kalo bisnis sudah aman dari berbagai macam segi, artinya temen-temen UKM tersebut sudah siap menumbukan bisnisnya, mau tidak mau Sosial media itu bukan aset kita, siapa yang menjamin sosial media itu terus ada dimasa yang akan datang, temen-temen UKM yang sudah berada dilevel aman, harus mulai sedikit demi sedikit mengamankan aset databasenya dengan website bisnis pribadi.

Penulis:Ganjar Kersana Suryadi
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*