Belbiz On Radio
Apa Faktor Penentu Strategi?
Super Admin, 04-07-2018 08:21:17 - Tips dan Trick
Strategi itu adalah pilihan terbaik yang harusdiambil oleh para entrepreneur untuk jangka panjang agar bisa memberikan competitive advantage bagi entrepreneur dan pada akhirnya, kinerja bisnis meningk

Assalamualaikum wr.  Wb Pa Meriza, saya sudah berbisnis dan berjalan beberapa tahun.  Menarik materi yang bapak sampaikan dan relevan dengan bisnis yang saya jalankan. Hanya saja, apa saja faktor yang mempengaruhi penetapan strategi bisnis? Terima kasih Pak, atas jawabannya. wassalam (Andi, Bandung)

Waalaikum salam kang Andi, Salam Belbiz, buat kang Andi. Bicara strategi bisnis, ini memang menjadi sesuatu yang bersifat mandatory atau wajib bagi setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis karena sifatnya jangka panjang. Hal ini penting dipahami oleh para entrepreneur karena tanpa strategi bisnis, maka bisnisnya akan tidak berlangsung lama. 

Strategi itu adalah pilihan terbaik yang harusdiambil oleh para entrepreneur untuk jangka panjang agar bisa memberikan competitive advantage bagi entrepreneur dan pada akhirnya, kinerja bisnis meningkat. Beberapa pilihannya adalah differensiasi, focus differensiasi, keunggulan biaya dan focus keunggulan biaya.

Tiga faktor yang mempengaruhi pilihan strategi adalah lingkungan diri sendiri, lingkungan internal bisnis dan lingkungan eksternal bisnis. Lingkungan diri berupa entrepreneurial mindset atau sikap mental para entrepreneur yang bisa jadi kekuatan dan kelemahan. 

Lingkungan internal bisnis berupa keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia serta teknologi yang menjadi keunikan sumber daya perusahaa. 

Yang terakhir adalah lingkungan eksternal berupa lingkungan eksternal mikro yangterdiridari konsumen, pesaing, distributor dan supplier. Demikian juga dengan lingkungan politik, ekonomi,social dan budaya, teknologi dan pasar. Demikian juga dengan lingkungan global. Semua ini menjadi peluang atau ancaman entrepreneur. Inilah faktor yang mempengaruhi pilihan strategi.

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*