Entrepreneur Sukses
Sulistia Suwondo, SE., M.Si. Ak.
Super Admin, 26-05-2018 10:52:06 - Profil
“Tingkatkan kemampuan & kemandirian UMKM untuk dukung perekonomian rakyat”

Demikianlah visi seorang Sulistia Suwondo yang biasa dipanggil BUBU Tia oleh mahasiswa dan mahasiswi serta para entrepreneur yang mendapatkan bimbingannya. Visi yang sangat sederhana, akan tetapi, memilliki makna yang sangat mendalam untuk dua hal yang saling berhubungan yaitu pelaku UMKM dan ekonomi rakyat.



Hal ini tidak hanya sebatas visi yang diucapkan ataupun ditulis, akan tetapi, Bubu Tia juga melakukan aksi nyata yang didukung juga oleh pengetahuan dan perannya sebagai seorang dosen di Politeknik Negeri Bandung, tepatnya di Prodi Akuntansi sejak tahun 1988 sampai sekarang.



“Saat ini, amanah yang saya jalankan adalah sebagai Ketua Inkubator Bisnis Polban” Kata Bubu Tia. Aktivitas ini tentu merupakan wujud nyata beliau dalam upaya meningkatkan kemampuan dan kemandirian UMKM.



Selain itu, beliau juga aktif di koperasi dengan menjabat sebagai bendara di kepengurusan koperasi karyawan Polban dari tahun 2002 – 2015 dan dilanjutkan menjadi Bendahara di kepengurusan Puskopdit JABAR sejak tahun 2014 – sekarang.



“ Dengan menjadi pengurus koperasi dan ketua Inkubator bisnis, saya bisa memberikan kontribusi langsung kepada UMKM” tambah Bubu Tia. Adapun core competency yang selalu dibagikan kepada UMKM dan Koperasi adalah financial accounting dan cost accounting yang pastinya sangat dibutuhkan oleh para entrepreneur dan juga koperasi dalam menjalankan kegiatannya.



Hasilnya? Para UMKM di sekitar Cijerokaso Bandung yang memiliki warung-warung kecil, pedagang keliling dan Ibu-ibu pengangguran pengangguran bisa terlepas dari lilitan rentenir. “mereka butuh aksi nyata berupa usaha dan pengetahuan pengelolaan keuangan” kata Bubu Tia.



Selain itu, Bubu Tia juga aktif memberikan coaching secara rutin ke tenant-tenat inkubator bisnis dan organisasi mahasiswa yang bergerak di kewirausahaan. Demikian juga membantu

tenant mendapatkan hibah atau bantuan dana dari pihak ketiga.



Hal ini tidak hanya bersifat teori karena Bubu Tia juga menjadi pelaku usaha sejak taun 1990

dengan berjualan makanan berat di food truck sekitar Gasibu, buka warung lotek di rumah, mengelola kantin Polban dan menjalankan catering sebagai usaha pribadi dengan

memberdayakan ibu-ibu di sekitar rumah.



Saat ini, Bubu Tia juga terlibat aktif di Tim Sinergitas ABCGM untuk UMKM Jabar Naik kelas sebagai koordinator tim Akademisi. Untuk berbagi cerita tentang UMKM dan mengenal lebih lanjut Bubu Tia, bahkan untuk konsultasi atau ada kebutuhan dengan tenaga Akuntansi Bubu Tia siap melayani dan always free for UMKM, dapat menghubungi 0811226371. Sehat dan sukses terus ya Bubu Tia.



 abcgmkoordinatorprofilEdit

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*