Soft SKill
Tips Meningkatkan Kemampuan Membuat Keputusan untuk menyelesaikan masalah
Super Admin, 23-05-2018 09:17:46 - Tips dan Trick
tugas utama setiap entrepreneur adalah membuat keputusan.

Keputusan merupakan tugas yang paling utama yang harus dibuat oleh para entrepreneur karena sejatinya, tugas utama setiap entrepreneur adalah membuat keputusan. Keputusan para entrepreneur akan dilihat dari aspek kualitas dan kontribusinya kepada pencapai tujuan entrepreneur dalam berbisnis yaitu profit, people, planet dan sustainability serta tumbuh dan berkembang.



1. Menyadari bahwa tugas utama setiap entrepreneur adalah membuat keputusan



Tugas utama setiap entrepreneur dalam bisnis adalah membuat keputusan yang berhubungan dengan bisnis mereka. Hal ini dilihat dari orang-orang sukses bahwa mereka setiap saat membuat keputusan yang dapat berkontribusi pada pencapaian tujuan bisnis itu sendiri.



2. Menyadari bahwa bisnis itu banyak masalah dan harus diselesaikan



Masalah itu pasti ada dalam bisnis. Bahkan secara ekstrim bisa disebutkan bahwa bisnis itu masalah karena begitu banyaknya masalah yang ditimbulkan dari diri sendiri, lingkungan internal bisnis sampai dengan lingkungan eksternal bisnis. Semuanya memberikan kontribusi pada terjadinya masalah di perusahaan.



3. Penyelesaian masalah bisnis itu berhubungan dengan tujuan bisnis.



Solusi yang dihasilkan dari bisnis itu harus bisa berkontribusi positif terhadap tujuan bisnis yaitu meningkatkan profit, memberikan manfaat kepada banyak orang, menjaga kelestarian alam serta tumbuh dan berkembang sampai jangka panjang. Ini menjadi fondasi bagi setiap entrepreneur dalam menyelesaikan masalah bisnis tersebut.



4. Menyadari sumber masalah



Entrepreneur harus memiliki pemahaman bahwa masalah itu harus diselesaikan dari akar masalah karena tanpa itu, masalah tidak akan selesai. Akar masalah itu berawal dari pengetahuan tentang fenomena yang yang dihadapi oleh para entrepeneur.



5. Memahami tahapan pengambilan keputusan



Disinilah poin utama yang berhubungan dengan tahap empat di atas bahwa entrepreneur harus bisa mencari akar masalah agar bisa mencari solusi terbaik dan efektif serta efisien.



6. Menetapkan tujuan pengambilan keputusan



Kembali kepada dasarnya yaitu bahwa tujuan pengambilan keputusan adalah untuk menyelesaikan masalah. Oleh karena itu, entrepreneur harus fokus ke penyelesaian masalah.



7. Berfikir sistem



Hal ini lebih dari apa yang ada di nomor enam yaitu bagaimana entrepreneur harus bisa memiliki kerangka berfikir bahwa keputusan itu harus sampai kepada outcome atau dampak dari keputusan khususnya berdampak positif dan jangka panjang.

Penulis:Meriza Hendri
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*