Business Today
Entrepreneur Harus Berfikir Stratejik
Super Admin, 21-05-2018 08:15:48 - Strategi
entrepreneur harus bisa mencapai keunggulan bersaing agar kinerjanya juga masih bisa sesuai dengan target yang sudah ditetapkan.

Kejadian menjelang bulan Ramadhan berupa serangan teroris terhadap beberapa rumah ibadah sampai dengan kantor kepolisian di beberapa daerah adalah sebuah fakta yang mengejutkan bagi masyarakat Indonesia pada umumnya dan entrepreneur pada khususnya. Belum lagi pelemahan mata uang Rupiah terhadap Dolar yang melewati angka Rp. 14.000 an. Selain itu, juga kenaikan bahan pokok di bulan suci Ramadhan ini sehingga akan berdampak kepada daya beli masyarakat. Belum lagi kenaikan bahan baku yang pastinya berhubungan dengan entreperneur.



Sebagai seorang entrepreneur, tentu hal ini perlu menjadi sebuah pemikiran karena berhubungan dengan bagaimana seorang entrepreneur menjalankan bisnis dan menghadapi perubahan lingkungan ini. Yang pasti, entrepreneur harus bisa mencapai keunggulan bersaing agar kinerjanya juga masih bisa sesuai dengan target  yang sudah ditetapkan.



Pertama, entrepreneru harus memiliki strategic thinking skill karena ini menjadi fondasi bagi entrepreneur. Strategic thinking merupakan cara berfikir jangka panjang untuk mencapai tujuan yang berkisar 5 -10 tahun kedepan ditengah perubahan lingkungan diri, internal dan eksternal bisnis yang kemudian menetapkan posisi di pasar serta menetapkan strategi yang terbaik bagi perusahaan.



Hal ini dimulai dari proses berfikir stratejik yaitu bagaimana entrepreneur itu memulainya dari analisis lingkungan internal dan eksternal yang kemudian mendapatkan posisi dipasar untuk bisa memilih strategi yang tepat dan kemudian membuat program keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia yang didukung oleh anggaran serta SOP untuk menjalankannya. Terakhir, barulah berhubungan dengan bagaimana entrepreneur itu melakukan evaluasi atas strategi yang sudah dijalankan.



Kerangka berfikir ini harus dimiliki oleh para entrepreneur ketika menghadapi kondisi seperti sekarang ini. Sejatinya , entrepreneur benar-benar bisa membangun sebuah model berfikir yang nantinya akan menentukan bagaimana mereka menjalankan bisnis dan tetap unggul dibandingkan dengan pesaing. Jangan pernah berhenti untuk berfikir stratejik karena kondisi yang terjadi saat ini akan terus berulang karena pada hakekatnya, lingkungan bisnis itu selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi. Entrepreneur harus bisa mengoptimasi setiap peluang yang ada dan meminimalisir dampak dari ancaman yang ditimbulkan oleh perubahan lingkungan bisnis sat ini dan yang akan datang,.



Pada akhirnya, entrepreneur harus bisa memiliki daya saing atau competitive advantage sehingga kinerja bisnisnya akan terus sesuai dengan target yang sudah ditetapkan di awal tahun.

Redaktur/Editor:Tim STRABIZ Management Consultant
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*