Business Today
Perubahan Perilaku Konsumen
Super Admin, 19-05-2018 10:30:22 - Strategi
Entrepreneur tidak bisa lepas dari konsumen yang mengkonsumsi produk-produk mereka. Salah satu aspek yang sangat berhubungan dengan entrepreneur adalah perilaku konsumen.

Bulan Suci Ramadhan 1439 H yang sudah memasuki hari ke tiga tentu akan memberikan pengaruh kepada bisnis para entrepeneur, khususnya pada aspek lingkungan bisnis yang berhubungan dengan konsumen. Ada satu fenomena yang akan selalu terjadi yaitu perubahan perilaku konsumen berupa bagaimana mereka mengkonsumsi berbagai produk yang ada di pasar. Saking signifikan nya perubahan perilaku ini, membuat pemerintah meminta masyarakat untuk tidak meningkatkan konsumsi agar inflasi tidak tinggi.



Sebagai seorang entrepreneur, tentu hal ini harus menjadi perhatian karena berhubungan dengan bisnis yang dijalankan. Entrepreneur tidak bisa lepas dari konsumen yang mengkonsumsi produk-produk mereka. Salah satu aspek yang sangat berhubungan dengan entrepreneur adalah perilaku konsumen.



Perilaku konsumen menjadi kunci sukses bagi para entrepeneur yaitu bagaimana seorang konsumen memahami permasalahan yang mereka hadapi, mencari alternatif solusi sampai mereka membeli produk dan juga mengevaluasi produk tersebut. Hal ini dilakukan oleh setiap konsumen.



Perubahan perilaku konsumen di bulan ramadhan 1439 H ini berupa peningkatan konsumsi mereka pada aspek kuliner dan juga fashion, pulsa sampai dengan transportasi. Peningkatan ini perlu dipahami sebagai sebuah fakta yang terjadi setiap tahun bagi entrepreneur. Sejatinya, entrepreneur sudah harus bisa melihatnya sebagai sebuah pola yang berulang sehingga entrepreneur bisa menganalisis dampak bagi perusahaan mereka masing-masing. Lihat saja pengaruhnya bisa berupa peluang atau ancaman bagi perusahaan.



Oleh karena itu, entrepeneur harus bisa mengantisipasi perubahan perilaku konsumen ini jauh-jauh hari karena berhubungan dengan konsep dasar bahwa entrepreneur itu harus bisa membantu konsumen menyelesaikan masalah dan bahkan memberikan superior value kepada konsumen. Antisipasi yang dapat diberikan adalah dengan membuat produk  yang berkualitas sesuai dengan need, want dan demand pasar. Jelas disini bagaimana entrepreneur harus bisa memahami dengan baik konsumen mereka dan juga perilaku mereka dalam berbisnis.



Setelah itu, entrepreneur harus bisa membangun sistem Customer Relationship Management dimana setiap konsumen yang sudah membeli produk dari entrepreneur, harus bisa dijaga dengan baik dengan membaca data serta value yang sudah mereka berikan kepada perusahaan. Inilah yang harus dilakukan oleh para entrepreneur agar bisa bertahan dalam bisnisnya saat ini, tepatnya di bulan Ramadhan 1439 H ini. Yang terakhir adalah melakukan evaluasi dan perbaikan terus menerus atas apa  yang sudah kerjakan sehubungan dengan perilaku konsumen ini.



 

Redaktur/Editor:Redaktur
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*