Business Today
Nilai Tukar Rupiah sudah Melewati Rp. 14.000
Super Admin, 18-05-2018 09:15:00 - Strategi
Sebagai seorang entrepreneur, tentu perubahan lingkungan bisnis berupa penurunan nilai tukar rupiah ini harus dilihat secara strategis (Gambar : Istimewa)

Salah satu fakta yang harus diterima oleh para entrepreneur saat ini dalam menjalankan bisnis adalah bagaimana perubahan lingkungan bisnis dalam konteks lingkungan ekonomi yaitu nilai tukar rupiah terhadap dolar amerika yang sudah melewati Rp. 14.000. lingkungan bisnis yang terus berubah bagi para entrepeneur ini adalah sebuah fakta yang tidak bisa ditolak karena mereka memiliki karakteristik yang selalu berubah, tidak pasti, tidak bisa dikontrol dan mengalami turbulensi. Tidak ada yang bisa mengetahui bahwa lingkungan bisnis tersebut akan bisa lebih buruk atau lebih baik.



Sebagai seorang entrepreneur, tentu perubahan lingkungan bisnis berupa penurunan nilai tukar rupiah ini harus dilihat secara strategis. Hal yang paling penting bagi entrepreneur adalah memetakan proses bisnis di perusahaan masing-masing. Entrepreneur bisa melihat mulai dari supplier yang menjadi salah satu pihak yang strategis bagi perusahaan. Selanjutnya penghantaran produk ke perusahaan, proses produksi, delivery sampai kepada konsumen. Hal ini penting untuk melihat proses yang kritis dan berhubungan dengan biaya bagi entrepreneur.



Yang kedua adalah bagaimana melihat aspek yang berhubungan dengan perubahan nilai tukar karena penting bagi entrepereneur dan menjadi kunci untuk menghadapi pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar. Ketika hal ini sudah diketahui, maka aspek lainnya bisa dilakukan efisiensi. Tidak ada lagi hal-hal  yang berakibat kepada pemborosan. Inilah langkap ketiga  yang harus dilakukan oleh para entrepreneur.



Langkah keempat adalah meniadakan aspek yang tidak berhubungan dengan bisnis. Tentu hal ini sangat penting bagi entrepreneur karena berhubungan dengan aktivitas utama dan aktivitas bukan utama bagi entrepeneur dalam bisnisnya. Setelah itu, langkah kelima adalah meningkatkan produktivitas setiap orang dalam perusahaan karena relevan dengan kontribusi setiap orang untuk bisa memberikan bantuan kepada perusahaan.



 Dari aspek luar, tentu entrepreneur harus bisa mempertahankan pasar yang sudah ada. Hal ini berhubungan dengan bagaimana membuat konsumen puas dan loyal kepada perusahaan. Tentu entrepreneur harus bisa memegang konsep bagaimana biaya untuk mendapatkan konsumen baru itu besarnya lima kali daripada mempertahankan pasar yang sudah ada. Jika ini bisa dilakukan, maka entrepreneur bisa terus mendapatkan income minimal untuk perusahaan dengan kondisi yang ada dan bahkan bisa bertambah meski secara perlahan.



Yang terakhir adalah bagaimana entrepreneur harus melakukan inovasi atas produk, proses bisnis, pasar dan bahkan keuangan serta sumber daya manusia agar bisa terus bersaing dengan pesaing sembari menghadapi pelemahan mata uang rupiah terhadap dolar tersebut.  

Penulis:Redaktur
Tinggalkan Balasan
Alamat email anda tidak akan disebarkan. Ruas yang wajib ditandai *
*
*
*